Ciri-ciri umum Vertebrata

Ciri-ciri apa yang mengatur hewan ini terpisah dari chordata invertebrata? Ikan berwarna-warni kecil ini adalah vertebrata – memiliki tulang punggung. Dan kolom tulang belakang yang pertama kali berevolusi pada ikan. Pikirkan tentang chordata invertebrata. Mereka hidup di laut, sehingga hanya masuk akal bahwa ikan akan menjadi vertebrata sejati pertama.

Vertebrata adalah subfilum dari filum Chordata. Seperti semua chordata, vertebrata memiliki notochord, sebuah kabel saraf dorsal berongga, celah faring, dan ekor ujung-anal. Apa karakteristik lain yang vertebrata miliki?

Karakteristik Vertebrata

Fitur yang membedakan utama vertebrata adalah tulang belakang, atau tulang punggung (lihat Gambar di bawah). Tulang punggung berjalan dari kepala ke ekor sepanjang punggung (atas) sisi tubuh. Kolom vertebral adalah inti dari endoskeleton tersebut. Hal ini memungkinkan vertebrata untuk menahan bentuknya. Hal ini juga rumah dan melindungi kabel tulang belakang (saraf) yang melewati itu. Kolom vertebral terdiri dari unit berulang yang disebut vertebrae (tunggal, vertebra). Pada banyak spesies, ada cakram penyerap kejutan antara tulang belakang untuk meredam mereka selama gerakan.

Kolom vertebra Manusia dan Vertebra. Kolom vertebral manusia terdiri dari 33 tulang. Dua tulang belakang yang ditampilkan di sini diperbesar.

Endoskeleton pada vertebrata

Fitur lain yang membedakan vertebrata merupakan endoskeleton yang terbuat dari tulang atau tulang rawan. Tulang rawan adalah jaringan keras yang mengandung protein yang disebut kolagen. Tulang adalah jaringan keras yang terdiri dari matriks kolagen, atau kerangka kerja, diisi dengan mineral seperti kalsium. Tulang kurang fleksibel daripada tulang rawan tapi kuat. Sebuah endoskeleton yang terbuat dari tulang daripada tulang rawan memungkinkan hewan untuk tumbuh lebih besar dan lebih berat. Tulang juga memberikan perlindungan lebih untuk jaringan lunak dan organ internal.

Seperti ditunjukkan dalam Gambar di bawah ini, endoskeleton vertebrata termasuk tengkorak, atau cranium, untuk menyertakan dan melindungi otak. Ini juga umumnya mencakup dua pasang kaki. Girdle Limb (seperti pinggul manusia dan bahu) menghubungkan kaki ke seluruh endoskeleton tersebut.

Endoskeleton Vertebrata. Endoskeleton vertebrata termasuk kolom korset, tempurung kepala, kaki, dan anggota tubuh vertebral. Dapatkah Anda menemukan bagian-bagian tersebut di setiap endoskeleton ditampilkan di sini?

Ciri Vertebrata lainnya

Ada beberapa ciri-ciri tambahan yang ditemukan di hampir semua vertebrata.

  • Vertebrata memiliki sistem otot yang melekat pada endoskeleton untuk mengaktifkan gerakan. Otot mengontrol gerakan dengan kontraksi bergantian (memperpendek) dan rileks (memanjang). Umumnya, otot-otot bekerja sama dalam pasangan yang berlawanan.
  • Vertebrata memiliki sistem peredaran darah tertutup dengan jantung. Darah benar-benar terkandung dalam pembuluh darah yang membawa darah ke seluruh tubuh.
  • Jantung dibagi menjadi ruang yang bekerja sama untuk memompa darah. Ada di antara dua dan empat ruang pada jantung vertebrata. Dengan lebih banyak ruang, ada lebih banyak oksigen dalam darah dan tindakan memompa lebih kuat.
  • Kebanyakan vertebrata memiliki kulit ditutupi dengan sisik, bulu, atau rambut. Fitur-fitur ini melayani berbagai fungsi, seperti penahan air dan isolasi tubuh.
  • Vertebrata memiliki sistem ekskresi yang mencakup sepasang ginjal. Ginjal adalah organ yang limbah filter dari darah sehingga mereka dapat dikeluarkan dari tubuh.
  • Vertebrata memiliki sistem kelenjar endokrin yang mengeluarkan hormon. Hormon adalah pembawa pesan kimia yang mengontrol banyak fungsi tubuh.
  • Vertebrata memiliki sistem kekebalan adaptif. Sistem kekebalan tubuh adalah sistem organ yang membela tubuh dari patogen dan penyebab lain dari penyakit. Menjadi adaptif berarti bahwa sistem kekebalan tubuh dapat “belajar” untuk mengenali patogen tertentu. Maka dapat memproduksi protein yang dibuat disebut antibodi untuk “menyerang” mereka. Hal ini memungkinkan sistem kekebalan tubuh untuk meluncurkan serangan yang cepat setiap kali patogen menyerang tubuh yang datang lagi.
  • Vertebrata memiliki sistem saraf terpusat. Seperti ditunjukkan pada Gambar di bawah, sistem saraf terdiri dari otak di daerah kepala. Ini juga termasuk sumsum tulang belakang yang panjang yang berjalan dari otak ke ujung ekor tulang punggung. Serabut saraf yang panjang membentang dari sumsum tulang belakang dengan otot dan organ di seluruh tubuh.

10 Contoh hewan Verterbrata

  1. Kucing
  2. Anjing
  3. Kura-kura
  4. Hiu
  5. Singa
  6. Sapi
  7. Kambing
  8. Jerapah
  9. Harimau
  10. Katak

Leave a Comment