Cara Untuk Mengetahui Makna Lagu

Cara Untuk Mengetahui Makna Lagu – Mungkin kalian termasuk ke dalam orang yang tidak tahu bagaimana cara untuk mengetahui makna lagu? Padahal kita sudah sering sekali menikmati lagu tersebut dengan cermat dan juga menyayat hati.

Tetapi sayangnya, meskipun lagu tersebut kita nikmati, akan tetapi tidak bisa kita ketahui apa sebenarnya makna dari lagu tersebut? Lalu bagaimana cara untuk mengetahuinya?

Hal yang mudah, tetapi sulit untuk kita ketahui, padahal dari liriknya saja sudah kita pahami apa maksud dari lagu tersebut? Ini bisa kalian perhatikan baik itu dalam lagu Indonesia maupun lagu Inggris dan lainnya.

Cara Mengetahui Makna Lagu

Untuk mengetahui makna dari lagu, kita bisa meresapi isi lagu yang sedang kita dengarkan, pahami arti dari lirik yang tertulis dalam lagu tersebut.

Konsentari terhadap lagunya, jadi apa yang sebenarnya diceritakan dalam lagu tersebut bisa kita ketahui. Apalagi pada bagian reff misalnya, biasanya isi cerita dalam lagu akan ditulis dalam reff.

Contoh  Memahami Makna Lagu

Dari penjelasan diatas tadi sudah saya jelaskan bagaimana cara untuk mengetahui makna dari lagu? Dan untuk memudahkannya, disini saya akan memberi sedikit contoh yang bisa kalian perhatikan.

Misalnya, disini saya ingin mengetahui lagu dari Andmesh – Hanya Rindu, saat pertama kali mendengar judulnya mungkin lagu ini menceritakan tentang percintaan.

Tapi ternyata, lagu yang dibawakan oleh Andmesh ini menceritakan tentang sosok seorang Ibu. Tahukah kalian makna dari lagu ini?

Dari isi yang saya pahami, dari reff nya yang tertulis “Ku ingin saat ini, engkau ada disini, tertawa bersamaku, seperti dulu lagi”.

Makna yang saya temukan adalah bahwa Lagu hanya rindu milik Andmesh ini mengisahkan tentang kerinduannya terhadap seorang Ibu yang biasa tertawa bersama seperti masa-masa saat Ibu ada di samping kita.

Jadi, lagu yang dibawakan oleh Andmesh ini bermaknakan bahwa kita sedang merindukan Ibu.

Meskipun kata “Ibu” berada pada lirik terakhir, tetapi jangan salah bahwa lagunya mengiringi kerinduan terhadap Ibu.

Sehingga sekarang kita bisa dengan mudah mengetahuinya jika meresapi dan mencermati lirik dan isi yang ada dalam lagu tersebut.

Untuk mencoba bagaimana cara untuk mengetahui makna lagu silakan kalian lakukan tips tersebut secara perlahan dari lagu yang mungkin mudah untuk dipahami.

 

Leave a Comment