4 Cara Menghayati Dan Menjiwai Lagu

4 Cara Menghayati Dan Menjiwai Lagu

4 Cara Menghayati Dan Menjiwai Lagu – Sebenarnya, untuk menghayati dan mejiwai sesebuah lagu itu bukan lah perkara yang senang. Tentunya membutuhkan banyak latihan. Bukan dalam satu malam saja, tetapi berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun.

Berikut inilah caranya.

1. Dapatkan seberapa banyak informasi tentang penyanyi tersebut.

Jika kita ingin menyanyikan lagu dari penyanyi lain, salah satu cara supaya kita menjiwai lagunya yaitu  dengan mengenali diri sang penyanyi lagu yang kita hendak nyanyikan terlebih dahulu. Dengan mengetahui serba sedikit kisahnya, maka kita akan menghargai hasil karya dan penat Lelah penyanyi tersebut dalam dunia seni.

Contoh :

Kalian ingin menyanyikan salah satu lagu dari penyanyi kumpulan The Carpenters. Kalian buat sedikit kajian tentang latar belakang kumpulan ini. Siapa penyanyinya, apa kisah disebalik penyanyi ini, dan lain sebagainya.

Karen, yang merupakan penyanyi kumpulan ini menghadapi “Anorexia” dan juga beliau sendiri tidak disukai oleh ibunya sendiri. Ibunya lebih cenderung sayang kepada Kakaknya ketimbang Karen yang merupakan pencipta lagu-lagu The Carpenters. Karen kekurangan rasa kasih sayang dari keluarganya sendiri, menyanyi merupakan satu-satunya perkara yang bisa membahagiakan hatinya. Mati dalam usia yang muda akibat tekanan hidup yang ia hadapi.

TRENDING :  Cara Untuk Mengetahui Makna Lagu

Dengan melihat kisah Karen ini, gunakan ia sebagai alat untuk kalian faham dan menjiwai lagu yang kalian ingin bawa.

2. Baca dan faham lirik sebelum menyanyi

Sebelum kalian menyanyi, pastikan kalian membaca lirik dengan penuh perasaan. Fahamkan kisah lagu yang ingin kalian bawa. Cara ini sangat berkesan pada saat sebelum sesi rekaman.

Lagu yang akan kita nyanyikan bukanlah lagu yang kita ciptakan. Jadi, pencipta lagu itu lebih faham cerita lagu tersebut. Kita hanya menyanyikan sahaja. Membaca lirik sebelum menyanyi akan lebih membantu kalian untuk menghayati lagu tersebut.

3. Letakkan emosi dalam lagu

Cara ini sudah diketahui umum oleh mana-mana penyanyi. Dengan kita meletakkan emosi dalam lagu, akan sedikit membantu kalian menjiwai lagu.

Lagu yang ingin kalian nyanyikan adalah lagu sedih. Jadi kalian bisa untuk mengingat peristiwa sedih yang pernah terjadi dalam hidup kalian. Coba kalian visualkan peristiwa itu. Kemudian kaitkan dengan lagu yang kalian ingin nyanyiakan.

4. Belajar sedikit asas Teknik nyanyian

Teknik sebenarnya sangat membantu dalam persembahan nyanyian kalian. Belajarlah sedikit Teknik-teknik asas supaya kalian bisa aplikasikan dalam nyanyian kalian. Melalui belajar Teknik, kalian juga akan belajar disiplin dalam nyanyian.

Dan itulah Cara Menghayati Dan Menjiwai Lagu.