Cara Pemasangan Kapasitor pada Motor Kapasitor yang Benar

Cara Pemasangan Kapasitor pada Motor Kapasitor yang Benar

Cara Pemasangan Kapasitor pada Motor Kapasitor yang Benar – Kalian harus mengetahui cara pemasangan kapasitor pada motor kapasitor yang benar supaya tidak terjadi kesalahan yang fatal. Hal ini bisa menyebabkan kerusakan yang cukup parah apabila tidak mengetahuinya dengan benar.

Kapasitor sendiri merupakan komponen yang sangat penting pada motor listrik satu fasa. Jika tidak ada kapasitor, maka motor listrik seperti mesin cuci, pompa air, kipas angin, dan alat elektronik lain tidak akan bisa bekerja.

Kapasitor pada motor listrik dihubungkan seri terhadap kumparan (Running Kapasitor) sehingga menjadi komponen yang sangat penting dan juga motor tidak bisa bekerja jika tidak ada kapasitor ataupun kapasitornya rusak. Jika kapasitor running yang dipasang seri terhadap kumparan itu rusak, maka arus listrik yang menuju kumparan bantu akan terputus, sehingga membuat motor listrik tidak akan berputar.

Kapasitor pada motor terletak di bagian atas atau ada juga yang terletak di dalam rangka motor. Fungsi dari kapasitor yaitu untuk mempertinggi starting awal serta mengurangi konsumsi arus awal pada motor kapasitor dan geseran phase antara lilitan utama dan juga membantu lebih dipercepat

Cara Kerja Kapasitor

Kapasitor berfungsi ketika motor pertama kali dijalankan. Biasanya konstruksi motor menggunakan dua buah kapasitor untuk memberikan daya tambahan pada kumparan.

Pada saat motor listrik pertama kali dinyalakan, arus akan mengalir ke kumparan utama. Maka, kumparan utama akan menghasilkan gaya induksi magnet di sekitar kumparan. Kemudian masih dibutuhkan kumparan bantu untuk menambah daya magnet yang memutar rotor.

TRENDING :  Cara Pasang Kunci Kontak Motor 4 Kabel dengan Mudah

Dan saat rotor telah berputar sekitar 75% dari putaran rotor maksimum, maka saklar sentrifugal akan memutuskan hubungan kapasitor starting dengan rangkaian. Walaupun kapasitor start telah terputus, tapi putaran rotor masih bisa dipertahankan oleh kedua kumparan dengan stabil.

Cara Pemasangan Kapasitor

Jenis kapasitor starting untuk sirkuit motor listrik ac satu fasa merupakan tipe non polar dan terbuat dari susunan bahan utama berupa cairan elektrolit. Oleh karena itu, kita bebas untuk memasang terminal kabel kapasitor tanpa harus takut tertukar.

Kedua terminal kapasitor start masing-masing dihubungkan ke sumber tegangan dan terminal salah satu saklar atau switch sentrifugal. Sistem wiring dan warna kabel kapasitor setiap mesin motor listrik itu tidaklah sama, jadi ketika memasang kapasitor ini kita tidak bisa berpatokan pada warna kabel.

Dan untuk cara pemasangan kapasitor pada motor kapasitor yang benar yaitu dengan dipasang secara parallel, sehingga hambatannya kecil dan juga bisa dihitung kapasitor terbesar yang dihasilkan.