Cara Pasang Kapasitor Kipas Angin 3 Kabel Yang Benar

Cara Pasang Kapasitor Kipas Angin 3 Kabel Yang Benar

Cara Pasang Kapasitor Kipas Angin 3 Kabel Yang Benar – Jika kipas angin di rumah kalian rusak, tidak mau berputar sama sekali, atau hanya berdengung saja tapi tidak bisa berputar. Maka gejala kerusakan tersebut di sebabkan oleh komponen kapasitor yang sudah lemah atau rusak, yang artinya kapasitor nya harus di ganti dengan yang baru.

Untuk membeli kapasitor kalian bisa pergi ke toko elektronik yang ada di dekat rumah kalian, tanyakan saja kepada penjaga toko nya, kapasitor untuk kipas angin.

Kapasitor sendiri merupakan sebuah komponen kelistrikan yang di gunakan untuk menyimpan mutan listrik. Pada kipas angin, kapasitor ini bertugas untuk memulai putaran pertama baling – baling kipas angin.

Sehingga kipas angin bisa berputar dengan baik, jika kapasitor nya lemah ataupun rusak maka kipas angin tidak akan bisa berputar.

Lalu bagaimana cara untuk memasang kapasitor kipas angin 3 kabel yang benar agar kipas angin bisa normal kembali.

Kalian harus ingat, sebelum memasang kapasitor pastikan terlebih dahulu kapasitor pengganti dan perlatan nya sudah tersedia sehingga memudahkan proses penggantian kapasitor kipas 3 kabel.

Alat-alat yang di butuhkan

  • Obeng
  • Pisau atau gunting.
  • Isolasi khusus kabel listrik.

Cara pasang kapasitor kipas angin 3 kabel yang benar

  1. Langkah pertama silahkan kalian buka cover atau tutup kipas angin dengan melepas scrup nya menggunakan obeng.
  2. Kemudian potong kedua kabel dengan mengunakan pisau ataupun gunting yang terhubung dengan kedua terminal kapasitor lalu kalian ambil kapasitornya tapi harus secara hati hati.
  3. Setelah itu, pasang kapasitor yang baru dengan menghubungkan kabel yang telah dipotong tadi.
  4. Setelah selesai di sambungkan, jangan lupa bungkus kabel sambungan dengan mengunakan isolasi khusus listrik.
  5. Pastikan sambungan kabel listrik sudah terbungkus dengan sempurna dan tidak ada listrik yang bocor.
  6. Setelah selesai, tutup kembali cover kipas angin dan jangan lupa untuk mengencangkan kembali scrup nya dengan mengunakan obeng.
  7. Dan terakhir kalian coba menghidupkan kembali kipas anginnya, jika pemasangan kabel isolator nya benar maka kipas angin akan kembali berputar dengan normal. Tapi jika kipas angin masih bermasalah, silahkan kalian bongkar kembali dan pastikan pemasangan terpasang dengan benar.
TRENDING :  Fungsi Elco Pada Rangkaian Elektronika

Dan demikianlah cara memasang kapasitor kipas angin 3 kabel yang benar. Semoga cara di atas bisa membantu kalian yang sedang mengalami kerusakan pada kipas angin kalian karena kapasitor nya yang sudah lemah ataupun rusak.