Bacaan Niat Keramas Puasa Ramadhan

Bacaan Niat Keramas Puasa Ramadhan, Lengkap dengan Arti dan Tata Caranya

Tidak lama lagi para umat Islam akan kedatangan bulan yang istimewa, penuh berkah, dan tentunya yang selalu dinanti-nantikan oleh semua umat islam. Ya, sebentar lagi kita para umat islam akan menjumpai kembali bulan Ramadhan. Tentunya bertemu kembali dengan bulan Ramadhan ini menjadi berkah dan nikmat tersendiri bagi setiap muslimin.

Biasanya, sebelum memasuki bulan Ramadhan akan ada persiapan yang dilakukan oleh umat Islam. Kesehatan tubuh dan juga kebersihan hati merupakan hal penting yang harus dipersiapkan sebelum kita melaksanakan ibadah puasa selama sebulan penuh.

Tapi selain itu, kebersihan diri juga harus kita perhatikan. Hal ini bertujuan agar kita bisa menyambut bulan Ramadhan yang suci ini dengan hati dan juga tubuh yang bersih dan suci. Oleh karena itulah, untuk umat Islam disarankan untuk melakukan keramas sebelum menjalankan ibadah puasa Ramadhan atau mandi wajib terlebih dahulu.

TRENDING :  Hukum Keluar Mani Saat Berpuasa Ramadhan,Batal atau Tidak ?

Sebagai seorang Muslim, tentunya sangatlah penting untuk selalu menjaga kebersihan diri. Terlebih lagi ketika memasuki bulan Ramadhan yang suci ini. Jadi, membersihkan diri yaitu dengan keramas dan mandi wajib. Tapi jika ingin keramas dan mandi wajib harus disertai dengan niat keramas puasa Ramadhan.

Jadi, jika kalian belum tahu atau mungkin lupa dengan bacaan niat keramas puasa Ramadhan, pada artikel ini akan menyampaikan bagaimana bacaan niat keramas puasa Ramadhan tersebut, lengkap dengan tata cara mandi wajibnya.

Niat Keramas Puasa Ramadhan

Dalam Agama Islam, bulan Ramadhan merupakan bulan yang paling utama dalam setahun. Pada bulan Ramadhan ini, pintu-pintu neraka akan ditutup, sedangkan untuk pintu-pintu surga akan dibuka, dan amalan yang kita lakukan akan dibalas dengan pahala yang berlipat ganda. Jadi, sudah tidak heran jika banyak orang yang beriman berharap bisa bertemu kembali dengan bulan Ramadhan yang suci ini, karena keutamaan di dalamnya yang sangatlah besar.

TRENDING :  Apa Hukum Menggosok Gigi Saat Berpuasa, Batal apa Tidak ? Berikut Penjelasanya

Kebahagiaan untuk menyambut bulan Ramadhan ini dapat kita lengkapi dengan membersihkan hati dan juga tubuh sebagai persiapan untuk memasuki bulan suci Ramadhan. Tetapi, sebelum membersihkan diri dengan keramas dan juga mandi wajib, ada niat untuk keramas puasa Ramadhan yang harus kita baca dalam hati.

Melansir dari liputan6.com, berikut ini merupakan bacaan niat keramas puasa Ramadhan yang bisa kalian baca:

Nawaitu guslal lidhukulissyiami romdhoona hadihisanati sunatallillahi ta’alla.

Artinya: Aku berniat mandi sunat bulan Ramadan karena Allah Ta’ala.

Tetapi, perlu kalian ingat bahwa pelaksanaan mandi wajib sebelum bulan Ramadhan sendiri bukanlah aturan khusus dalam Islam. Dan terlebih lagi tidak ada penjelasan tersendiri yang khusus membahas tentang masalah tersebut dalam hadis atau pun Al-Qur’an.

Tata Cara Mandi Wajib