Hak Siar Liga Champions UCL dan UEL

Hak Siar Liga Champions UCL dan UEL 2021, 2022, dan 2023 di Indonesia dan Timor Leste

Hak Siar Liga Champions UCL dan UEL 2021, 2022, dan 2023 di Indonesia dan Timor Leste – Untuk para penggemar olahraga terutama olahraga sepakbola, akhir-akhir ini tengah diperbincangkan tentang hak siar UCL dan UEL di Indonesia. Sebelumnya hak siar UCL dan UEL dipegang oleh FMA Group dengan siaran tv TSB yang melakukan kerja sama dengan RCTI sebagai penyiaran teresterial.

Pada tahun ini terjadi sebuah masalah dengan FMA yang dimana hak siar dari Liga Champions UCL dan UEL dicabut, dan masih belum diketahui mengapa hak siarnya dicabut.

Ini mungkin disebabkan karena adanya kebijakan yang baru saja dikeluarkan oleh otoritas hak siar dari sepak bola Eropa, secara tidak langsung hal ini juga mempengaruhi hak siar dari UCL dan UEL yang dimiliki oleh RCTI karena kesepakatan dengan FMA.

Hak siar dari UCL dan UEL pada musim ini sampai musim depan di Indonesia telah resmi dipegang oleh Emtek Group (O Channel, Indosiar, SCTV, dan lain-lain). Apakah sctv akan menayangkan liga champion musim 2021, 2022, dan 2023? Jawabanya adalah, ya betul sekali.

Untuk saat ini hanya Nex Parabola dan juga Matrix Garuda tv saja yang merupakan tv berbayar melalui satelit yang memiliki hak siar tersebut, untuk provider tv berbayar lainnya saat ini masih belum ada kesepakatan dengan EMTEK, seperti MNC Sky Vision, K Vision, Garmedia, Transvision dan lain-lain.

Proses pelelangan kompetisi UCL, UEL, Super Cup, dan juga Conference Cup untuk wilayah Indonesia dan juga Timur Leste untuk musim 2021/2022 sampai dengan musim 2023. Menurut UEFA proses dari pelelangan tersebut dimulai pada bulan November 2020, untuk batas akhir penawaran yang diberikan kepada penyiar di wilayah Indonesia dan Timur Leste sampai tanggal 12 November 2020 untuk penawaran pertama.

Bagi penyiar yang berminat baik itu tv berbayar satelit maupun tv berbayar ott ataupun tv teresterial, dan bahkan operator seperti Bein Sports, Fox Sport , dan Mola dipersilahkan untuk ikut dalam tender hak siar dari Liga Champions musim 2020 sampai dengan musim 2023.

Dan IEG (Indonesia Entertinment Grup) lah yang memenangkan tender Hak Siar Liga Champions UCL dan Liga Europa UEL tahun 2021, 2022, sampai 2023 untuk wilayah Indonesia dan juga Timor Leste. Hak siar tersebut telah dibagi kedalam beberapa kategori yaitu siaran FTA adalah SCTV, sedangkan untuk tv berbayar satelit telah diberikan kepada Nex Parabola dan Matrix Tv, dan untuk jalur streaming kalian bisa menggunakan aplikasi ataupun webstreaming Vidio premier.