Apa itu Hormon Adrenokortikotropik?

Hormon adrenokortikotropik dibuat dalam sel corticotroph dari kelenjar hipofisis anterior. Hal ini disekresikan dalam beberapa pulsa intermiten siang hari ke dalam aliran darah dan diangkut ke seluruh tubuh.

Seperti kortisol, kadar hormon adrenokortikotropik umumnya tinggi di pagi hari ketika kita bangun dan turun sepanjang hari. Ini disebut ritme diurnal. Setelah hormon adrenokortikotropik mencapai kelenjar adrenal, ia mengikat ke reseptor menyebabkan kelenjar adrenal untuk mengeluarkan lebih banyak kortisol, sehingga tingkat yang lebih tinggi kortisol dalam darah. Hal ini juga meningkatkan produksi senyawa kimia yang memicu peningkatan hormon lain seperti adrenalin dan noradrenalin.

Bagaimana hormon adrenokortikotropik dikendalikan?

Sekresi hormon adrenokortikotropik dikendalikan oleh tiga wilayah antar-berkomunikasi tubuh, hipotalamus, kelenjar pituitari dan kelenjar adrenal. Ini disebut aksis hipotalamus-hipofisis-adrenal. Ketika kadar hormon adrenokortikotropik dalam darah rendah, sekelompok sel di hipotalamus melepaskan hormon yang disebut hormon corticotrophin-releasing yang merangsang kelenjar hipofisis untuk mensekresikan hormon adrenokortikotropik ke dalam aliran darah.

Tingginya kadar hormon adrenokortikotropik terdeteksi oleh kelenjar adrenal yang merangsang sekresi kortisol, yang menyebabkan kadar kortisol meningkat.

Sebagai tingkat kortisol meningkat, mereka mulai memperlambat pelepasan hormon corticotrophin-releasing dari hipotalamus dan hormon adrenokortikotropik dari kelenjar pituitari. Akibatnya, kadar hormon adrenokortikotropik mulai turun. Ini disebut umpan balik negatif.

Advertisement

Stres, baik fisik dan psikologis, juga merangsang produksi hormon adrenokortikotropik dan karenanya meningkatkan kadar kortisol.

Apa yang terjadi jika saya memiliki terlalu banyak hormon adrenokortikotropik?

Efek terlalu banyak hormon adrenokortikotropik terutama disebabkan oleh peningkatan kadar kortisol yang hasilnya. Lebih tinggi dari tingkat normal hormon adrenokortikotropik mungkin karena:

Penyakit Cushing – ini adalah penyebab paling umum dari peningkatan hormon adrenokortikotropik. Hal ini disebabkan oleh tumor non-kanker yang disebut adenoma yang terletak di kelenjar pituitari yang menghasilkan kelebihan jumlah hormon adrenokortikotropik. (Harap dicatat, penyakit Cushing adalah salah satu dari banyak penyebab sindrom Cushing).

Sebuah tumor, di luar kelenjar pituitari, memproduksi hormon adrenokortikotropik (juga disebut ektopik tumor hormon adrenokortikotropik).

Penyakit Addison (meskipun kadar kortisol rendah, kadar hormon adrenokortikotropik dibangkitkan).

Hiperplasia adrenal kongenital (kelainan genetik dengan produksi yang tidak memadai kortisol, aldosteron atau keduanya).

Apa yang terjadi jika saya memiliki terlalu sedikit hormon adrenokortikotropik?

 

Apa Hormon Adrenokortikotropik?

Lebih rendah dari tingkat normal hormon adrenokortikotropik mungkin karena:

Sindrom Cushing terkait dengan tumor adrenal

Sindrom Cushing karena obat steroid

Kondisi yang mempengaruhi kelenjar pituitari, misalnya, hipopituitarisme

Efek samping dari operasi hipofisis atau terapi radiasi

Terlalu sedikit hormon adrenokortikotropik dapat menyebabkan kelenjar adrenal tidak berfungsi atau bahkan penyakit Addison, karena kurangnya produksi kortisol. Gejala mungkin termasuk kelelahan, pusing (terutama saat berdiri), penurunan berat badan, kelemahan otot, perubahan mood dan daerah gelap dari kulit.

Hormon adrenokortikotropik dibuat dalam sel corticotroph dari kelenjar hipofisis anterior. Hal ini disekresikan dalam beberapa pulsa intermiten siang hari ke dalam aliran darah dan diangkut ke seluruh tubuh.

Leave a Comment