Perbedaan Antara Filum dan Kelas

Klasifikasi biologi atau klasifikasi ilmiah makhluk hidup adalah pengelompokan hewan menurut morfologi (eksternal), molekul, dan kimia kesamaan yang ditemukan di dalamnya. Dalam klasifikasi ini,

ada delapan peringkat taksonomi utama (level) yang ditetapkan untuk hewan, tumbuhan, atau mikroba; Domain, Kingdom, Filum, Kelas, Ordo, Keluarga, Genus dan Species. Ini adalah sistem klasifikasi hirarkis di mana semua makhluk hidup diklasifikasikan menjadi spesies yang memiliki semua hal di atas delapan taksonomi Peringkat sesuai dengan aturan dan peraturan yang diakui baik (ex – Kode Internasional untuk Nomenklatur Botani – ICBN, untuk penamaan tanaman) oleh badan-badan internasional. Ranking bervariasi dari Domain (peringkat terbesar) dari spesies (peringkat terkecil); Filum dan Kelas berbaring di antara Domain dan Spesies.

Contoh untuk klasifikasi – gajah Asia (Elephas maximus),

Domain – Eukaria

Raya – Animalia

Filum – Chordata

Kelas – Mamalia

Order – Proboscidea

Keluarga – Elephantidae

Genus – Elephas

Spesies – Elephas maximus

Filum

Perbedaan Antara Filum dan Kelas

Filum (jamak – Filum) adalah peringkat ketiga tertinggi taksonomi yang terletak di antara Raya (tinggi ke filum) dan Kelas (atau dalam beberapa kasus Sub-filum). Ada sekitar 86 filum (filum 35 hewan, 11 pabrik filum, 6 jamur filum, 29 bakteri filum dan 5 archaea filum) dijelaskan. Umumnya filum disebut dalam sistem klasifikasi hewan, sedangkan Divisi (peringkat mirip dengan filum) ditemukan dalam tanaman dan jamur klasifikasi bukan filum. Divisi (filum) (tanaman berbunga) Angiospermae adalah filum terbesar dari semua dan Filum Arthropoda adalah kelompok terbesar untuk hewan di mana sekitar 75% dari semua spesies hewan yang ditemukan.

kelas

Perbedaan Antara Filum dan Kelas

Kelas umumnya dikenal sebagai peringkat tertinggi taksonomi 4 (jika kita mempertimbangkan sub-filum dan kelas super peringkat akan keenam) di antara filum (tinggi ke kelas) dan ketertiban (sub-kelas kadang-kadang, infra kelas atau super order). Ex – Kelas Insecta terdiri dari sekitar 1,8 juta spesies (yaitu sekitar 20% dari semua spesies yang hidup di dunia dalam satu kelas).[

Apa perbedaan antara Filum dan Kelas?

• Filum berada pada peringkat yang lebih tinggi dari kelas.

• Jumlah spesies dalam filum jauh lebih tinggi dari yang di kelas.

• Kelas adalah lebih spesifik dari filum.

• Probabilitas menggambarkan sebuah divisi baru lebih rendah dari kelas.

• Filum peringkat antara kerajaan dan kelas, sedangkan kelas peringkat antara filum dan ketertiban.

• Jika kelas diketahui, filum dapat ditentukan, tetapi timbal balik itu tidak dapat dilakukan.

• Filum dari setiap makhluk hidup baru dapat dengan mudah ditemukan di lapangan dengan pengetahuan yang sangat sedikit; Namun, penentuan kelas makhluk hidup yang baru ditemukan lebih sulit.

• Jumlah kelas yang dijelaskan lebih besar dari jumlah filum dijelaskan.

• Jumlah kelas punah lebih besar dari jumlah filum punah.

• probabilitas Kepunahan kelas lebih tinggi dari filum.

Leave a Comment