Apa Fungsi dari Mitokondria dalam Memproduksi Energi bagi Sel?

Mitokondria adalah organel di Eukariota yang sering disebut sebagai “pembangkit tenaga listrik sel”. Salah satu fungsi mitokondria adalah untuk menghasilkan ATP atau adenosin trifosfat, yang merupakan sumber energi utama sel. Struktur mitokondria adalah unik karena terdiri dari kedua membran dalam dan luar tetapi membran batin secara kompleks dilipat dan invaginated menjadi struktur terkompresi disebut sebagai “krista”. Hal ini dalam matriks mitokondria dalam membran dalam mitokondria di mana respirasi aerobik termasuk Siklus Krebs dan glikolisis terjadi, akhirnya menimbulkan ATP.

Lipatan di krista yang dianggap signifikan, karena meningkatkan luas permukaan yang tersedia untuk proses ini sehingga permukaan yang ideal untuk pengangkutan elektron. Ini adalah melalui kombinasi dari sifat-sifat tertentu yang mitokondria mampu menghasilkan ATP dalam jumlah besar secara efisien. Ruang di dalam membran dalam ini memiliki bagian tersendiri dari fungsi yang berbeda dan penting. Matriks mitokondria memegang banyak enzim dan hampir dua pertiga dari protein mitokondria. Protein ini adalah dalam bentuk materi genetik mitokondria, yang itu mensintesis dengan sendirinya. Membran ER mitokondria terkait memiliki banyak fungsi termasuk mentransfer fosfolipid melalui proses-baru ini ditemukan dan dikenal sebagai “penarikan”.

Mitokondria juga dapat memanfaatkan komponen lipid dalam pembuatan hormon darah dan penting seperti estrogen dan testosteron dan manipulasi kelas-kelas lain dari lipid seperti kolesterol.

Fungsi Lain Mitokandria

Fungsi lain dari mitokondria dalam fungsi metabolisme. Sedangkan fungsi utama mitokondria adalah konversi energi, mitokondria juga memainkan bagian dalam penyimpanan ion kalsium. Transduksi sinyal dalam sel diatur oleh kalsium bebas, konsentrasi yang dapat bervariasi sehingga mempengaruhi reaksi yang berbeda.

Mitokondria dapat serapan volume besar kalsium dan kemudian membebaskan mereka di kemudian hari membuat mereka apa yang dikenal sebagai “penyangga sitosol”.

Salah satu mekanisme transduksi sinyal sebenarnya terjadi ketika kalsium diasingkan di membran mitokondria bagian dalam menciptakan potensial membran, dan kemudian dilepaskan akhirnya mengaktifkan kaskade protein yang penting untuk proses seperti rilis neurotransmitter.

Mitokondria juga telah dikenal untuk fungsi dalam proses yang disebut “kematian sel”. Dalam kematian sel terprogram, semacam luka atau infeksi telah terjadi menyebabkan penurunan fungsi mitokondria. Ketika mitokondria terganggu, lebih banyak oksigen dari biasanya diperlukan untuk membuat jumlah yang sama ATP.

Apa Fungsi dari Mitokondria dalam Memproduksi Energi bagi Sel?

Ketika ini terjadi, mitokondria dapat menjadi uncoupled dan akhirnya menghasilkan spesies oksigen reaktif yang disebut radikal bebas. Jika radikal bebas yang dibuat lebih dari kemampuan mitokondria untuk melepaskan diri dari mereka, mereka membangun menyebabkan kerusakan permanen pada membran mitokondria dan materi genetik.

Kerusakan ini cukup berbahaya untuk menyebabkan mitokondria, yang sekarang dapat berfungsi dengan benar atau mereplikasi dirinya sendiri, menyebabkan sel untuk diri sendiri atau mengalami apoptosis. Dibiarkan, ini dipercepat sel mati dapat menyebabkan fungsi organ berkurang.

Leave a Comment