Kondisi Atmosfer Bumi

Atmosfer bumi dibagi menjadi empat wilayah. Terendah daerah ini adalah troposfer. Berikut ada turbulensi dan pencampuran atmosfer akibat arus konveksi (cuaca, misalnya). Kepadatan atmosfer menunjukkan penurunan yang cepat dengan tinggi. Sumber energi dominan di wilayah terendah ini pemanasan konduktif dekat tanah, dan kerugian energi dominan adalah radiasi dan  pencampuran konvektif. Hasil akhirnya adalah penurunan suhu yang cepat dengan ketinggian. Pada ketinggian lebih besar adalah stratosfer, di mana terdapat arus kuat horisontal angin (aliran jet) yang mempengaruhi permukaan tanah cuaca. Akan lebih tinggi, radiasi ultraviolet matahari yang oksigen dan ozon menyerap adalah sumber dominan keuntungan energi, dan radiasi dan konveksi pencampuran yang berarti dominan kehilangan energi. Keseimbangan antara gain energi dan hasil kerugian maksimum suhu setempat pada ketinggian 50 kilometer di dasar suatu daerah disebut mesosfer. Bahkan lebih tinggi adalah termosfer, di mana penyerapan gelombang sangat pendek radiasi matahari diimbangi oleh radiasi termal. Karena ada sangat sedikit materi pada ketinggian ini untuk menyerap energi matahari ini, hasilnya adalah suhu tinggi. Lapisan terendah termosfer (juga disebut ionosfer, 80 kilometer ke 400 kilometer tinggi) mencerminkan gelombang radio karena ionisasi, dan di sini bahwa meteor terbakar. Lebih jauh, bagian terluar yang sangat lemah dari termosfer (atau eksosfer) memudar sampai tidak dapat dibedakan dari bahan antar planet.

Kondisi Atmosfer Bumi

Kondisi atmosfer global

Table of Contents

Kondisi atmosfer global, seperti cuaca, juga dipengaruhi oleh Efek Coriolis. Bumi adalah dunia yang solid, dan karenanya setiap lintang bergerak sekali sekitar sumbu rotasi dalam periode waktu yang sama. Jarak perjalanan sekitar sumbu rotasi, bagaimanapun, tergantung pada lintang, dengan jarak khatulistiwa menjadi yang terbesar. Kecepatan arah timur dari permukaan bumi, karena itu, adalah yang terbesar di khatulistiwa dan paling di kutub. Massa udara bergerak ke utara atau selatan, bagaimanapun, berbagi gerak ke arah timur dari bagian permukaan bumi dari mana udara mulai bergerak dan oleh karena itu melayang ke arah timur atau ke arah barat relatif terhadap permukaan bumi. Air bergerak dari semua arah ke wilayah menunjukkan tekanan rendah, relatif terhadap permukaan, gerakan berlawanan di belahan bumi utara (badai adalah contoh ekstrim), tapi searah jarum jam di belahan bumi selatan. Air bergerak ke segala arah luar dari daerah tekanan tinggi beredar searah jarum jam di belahan bumi utara.

Suasana lanjut menghasilkan moderasi termal suhu atas seluruh bumi (yang mengakibatkan suhu kurang ekstrim baik secara geografis dan musiman), melindungi permukaan dari ultraviolet yang merusak hidup, dan merupakan sumber gas yang diperlukan bagi kehidupan.

Magnetosfer

Magnetosfer adalah bahwa daerah sekitarnya bumi yang dipengaruhi oleh medan magnet planet. Di dalamnya adalah dua daerah berbentuk donat, sabuk Van Allen, tinggi di atas khatulistiwa, di mana terjebak partikel bermuatan dari angin matahari. Partikel-partikel ini melayang utara dan selatan di sepanjang garis-garis medan magnet, memasuki atmosfer dekat kutub magnet, dan menghasilkan aurora, atau fenomena yang tidak teratur atau streamer seperti bercahaya terlihat pada malam hari di zona sekitar kutub magnet. Surya angin Streaming dengan magnetosfer mendistorsi menjadi ekor panjang menunjuk berlawanan Matahari Planet lain dengan medan magnet juga memiliki magnetospheres serupa.

Efek rumah kaca

Bumi lebih hangat dari yang diharapkan dari keseimbangan global antara kerugian radiasi termal dan penyerapan sinar matahari karena perangkap atmosfernya bagian dari radiasi termal yang mencoba melarikan diri. Ini penyerapan kembali energi termal radiasi, atau efek rumah kaca, memaksa peningkatan suhu untuk mencapai keseimbangan antara pemanasan matahari dan kehilangan energi radiasi. Gas atmosfer yang berkontribusi terhadap penyerapan energi adalah karbon dioksida (CO 2), air (H 2O), metana (CH 4), dan chlorofluorohydrocarbons (freon). Akibatnya, suhu permukaan bumi lebih dekat ke 300 K (80 ° F) dari yang diharapkan 250 K. Venus, dengan yang sangat padat CO 2 atmosfer, adalah planet yang paling dramatis terpengaruh oleh efek rumah kaca.

Leave a Comment