Klasifikasi dan Evolusi Komodo

Komodo atau Komodo Dragon adalah spesies kadal besar yang hanya ditemukan di beberapa pulau di kepulauan Indonesia. Tidak dikenal dunia sampai Perang Dunia Pertama, Komodo sebenarnya adalah spesies Monitor Lizard yang telah berkembang di pulau isolasi selama jutaan tahun,

yang telah menyebabkan itu menjadi memang sangat besar. Komodo tidak hanya kadal terbesar di dunia, tetapi juga salah satu yang paling agresif dan begitu kuat sehingga mampu mengambil mangsa berkali-kali itu ukuran sendiri. Namun, Komodo juga dalam bahaya parah pada lingkungan alami mereka berburu dan hilangnya habitat, bersama dengan kekurangan mangsa, telah menyebabkan penurunan populasi di beberapa pulau di mana mereka ditemukan di Taman Nasional Komodo, yang berarti bahwa mereka sekarang terdaftar di IUCN Red List dan karena itu memiliki beberapa perlindungan hukum.

Anatomi dan Penampilan Komodo

Komodo adalah reptil besar yang dapat tumbuh hingga panjang tiga meter dan berat 150kg. Mereka sangat kuat dan kuat dengan panjang, tubuh tebal, pendek, otot kaki dan ekor Mahakuasa yang digunakan untuk kedua pertempuran dan untuk menopang hewan ketika ia berdiri di kaki belakangnya itu. Komodo memiliki panjang dan tajam, cakar melengkung yang sering digunakan untuk menggali dan itu kulit coklat keabu-abuan tercakup dalam skala kecil dan lipatan di sekitar leher. Komodo memiliki kepala yang relatif kecil dibandingkan dengan ukuran tubuh yang besar dan lebar, rahang kuat yang menyembunyikan mulut yang penuh dengan bakteri mematikan.

Meskipun Komodo memiliki penglihatan yang baik, sebagian besar lingkungan itu yang merasakan bau yang Komodo tidak dengan itu panjang dan sangat cagak sulit. Dengan menjentikkan itu lidah keluar dari mulut itu, Komodo dapat “rasa” partikel bau di udara untuk mencari baik hidup dan mati mangsa hingga 8 km.

Penyebaran dan Habitat Komodo

Meskipun Komodo akan pernah menjadi meluas di banyak pulau-pulau Indonesia, mereka hari ini terbatas hanya lima yang semua terletak di Taman Nasional Komodo. Pulau-pulau Komodo, Rintja, Gillimontang, Padar dan ujung barat Flores adalah rumah yang tersisa untuk hewan besar ini yang paling sering ditemukan di hutan terbuka bersama dengan savana kering dan di lereng bukit belukar, dan juga dapat ditemukan menghuni dried- up dasar sungai.

Diperkirakan bahwa Komodo berevolusi menjadi begitu besar di pulau-pulau tersebut karena adanya sejumlah spesies mamalia besar yang sejak punah.

Namun hari ini, mereka menjadi lebih terancam di lingkungan alami mereka dengan hilangnya habitat mereka untuk deforestasi kayu telah mendorong populasi yang tersisa menjadi lebih kecil dan lebih terisolasi daerah.

Perilaku dan Gaya Hidup Komodo

Komodo adalah predator soliter dan kuat yang menjelajah wilayah yang tergantung pada ukuran individu, dengan rata-rata orang dewasa meliputi jarak sekitar 2 km setiap hari. Mereka juga dikenal sebagai perenang yang sangat baik, bepergian dari satu pulau ke pulau lain dengan jarak yang relatif lama.

Meskipun mereka adalah hewan soliter, sejumlah Komodo Dragons akan sering berkumpul di sekitar membunuh satu dengan individu yang lebih kecil biasanya harus memberi jalan kepada yang lebih besar.

Untuk menangkap hewan besar seperti, Komodo bisa duduk selama berjam-jam tersembunyi di vegetasi dan tersamar oleh kulit abu-abu-coklat mereka saat mereka duduk menunggu hewan mangsa lewat. Komodo kemudian penyergapan itu korban dengan kecepatan yang luar biasa dan kekuatan.

Meskipun sebagian besar serangan awal yang sukses, jika hewan entah bagaimana berhasil melarikan diri maka bakteri ditransfer dari mulut Komodo Dragon di gigitan-akan, menyebabkan daging menjadi septik dan membunuh mangsanya dalam waktu 24 jam.

Reproduksi dan Siklus Hidup Komodo

Selain saat makan pada bangkai besar, Komodo juga dapat dilihat di perusahaan satu sama lain selama musim kawin ketika, pada bulan September, laki-laki terdekat melawan satu sama lain dengan berdiri di kaki belakang mereka dan disangga oleh ekor mereka, mencoba untuk menang hak untuk berkembang biak dengan betina lokal.

Setelah kawin, betina Komodo meletakkan hingga 25 telur kasar di sebuah lubang yang ia menggali ke dalam pasir yang lembut. Menetas muda setelah masa inkubasi yang berlangsung selama antara 8 dan 9 bulan dan berani ditandai dengan band-band krim (yang mereka kehilangan ketika usia mereka bertambah), dan benar-benar independen dari ketika mereka meninggalkan shell mereka.

Namun, sampai mereka tumbuh dengan ukuran yang lebih besar, muda Komodo akan menjelajah sampai ke pohon-pohon di mana mereka akan menghabiskan sebagian besar waktu mereka sampai mereka cukup besar untuk menjaga diri mereka sendiri di tanah. Komodo cenderung hidup rata-rata 30 tahun di alam liar.

Pola Makan dan pemangsa Komodo

Komodo adalah hewan pemakan daging yang hanya memburu dan membunuh hewan besar untuk bertahan hidup di dalamnya alam sekitarnya.

Dewasa Komodo mampu membunuh mangsanya jauh lebih besar daripada diri mereka sebagai bahkan jika mereka tidak berhasil membunuh pada penyergapan, mereka kemudian akan mengikutinya untuk mil sampai akhirnya meninggal darah-keracunan yang disebabkan oleh bakteri mematikan di Komodo Dragon mulut.

Mamalia besar membuat sebagian besar diet Komodo termasuk Babi, Kambing, Rusa dan bahkan Kuda dan Kerbau (semua yang telah diperkenalkan ke pulau-pulau oleh orang-orang). Muda Komodo Namun, memangsa hewan kecil di pohon-pohon seperti Ular, Kadal dan Burung.

Gigi Komodo yang tajam dan bergerigi tetapi mereka berarti bahwa hewan ini tidak bisa mengunyah. Sebaliknya mereka merobek bit dari bangkai dan membuangnya ke belakang ke dalam mulut mereka, mampu menelannya utuh dibantu oleh otot-otot leher yang fleksibel.

Pemangsa dan Ancaman Komodo

Karena kenyataan bahwa Komodo Dragon adalah predator paling dominan di lingkungan itu, dewasa dewasa tidak memiliki predator alami di habitat asli mereka. Lebih kecil dan lebih muda namun rentan, tampaknya telah disesuaikan dengan menghabiskan hari-hari awal mereka di pohon-pohon untuk menghindari dimakan oleh yang lebih besar Komodo.

Sejak kedatangan orang-orang di pulau-pulau ini meskipun, hal telah berubah secara dramatis dengan Manusia telah diburu Dragons Komodo dan melanggar batas habitat asli mereka dengan pemukiman mereka tumbuh dan penebangan hutan untuk mendapatkan kayu dan pertanian.

Komodo juga terancam oleh aktivitas gunung berapi di pulau-pulau geologis aktif yang dapat menyebabkan penurunan spesies mangsa mereka, pada gilirannya mempengaruhi populasi Komodo setempat.

Fakta Menarik dan Fitur Komodo

Komodo dikenal memiliki lima puluh jenis bakteri beracun dalam air liur mereka yang berkembang pada jejak daging, menyebabkan gigitan-luka menjadi cepat terinfeksi. Penelitian baru-baru ini Namun, menunjukkan bahwa alasan sebenarnya untuk tingkat keberhasilan yang tinggi dalam keracunan itu mangsa bisa turun ke fakta bahwa Komodo mungkin memiliki kelenjar racun di mulut itu.

Meskipun Komodo telah berkembang di bagian kepulauan Indonesia selama jutaan tahun, mereka tidak dikenal dunia sampai sekitar abad yang lalu ketika laporan datang dari pilot yang berenang ke Pulau Komodo setelah pesawatnya jatuh.

Ukuran besar Komodo diduga berasal dari fakta bahwa mereka akan pernah diburu mamalia besar yang akan kemudian ada di Indonesia, termasuk spesies Pygmy Elephant yang diduga kini telah punah selama ribuan tahun. Ini berarti bahwa mangsa utama Komodo saat ini, semua telah diperkenalkan ke pulau-pulau oleh pemukim Manusia.

Klasifikasi dan Evolusi Komodo Dragon

Hubungan Komodo dengan Manusia

Sejak penemuan mereka di pulau-pulau di Taman Nasional Komodo sekitar 100 tahun yang lalu, Komodo memiliki kedua orang terpesona dan benar-benar ketakutan seperti yang kita belajar lebih banyak dan lebih banyak tentang mereka.

Hilangnya habitat di pulau-pulau tidak hanya berarti bahwa Komodo Dragons sedang didorong ke daerah semakin terisolasi, tetapi mereka juga dibawa ke dalam kontak dekat dengan aktivitas manusia dan dikenal untuk membunuh ternak pada kesempatan.

Meskipun bersifat tampaknya lambat dan jinak mereka, Komodo dapat berjalan pada kecepatan hingga 11mph dalam ledakan singkat dan benar-benar salah satu yang dikenal “pemakan manusia” di dunia.

Orang-orang tidak hanya telah disergap, digigit dan kemudian dilacak oleh Komodo di alam liar, tetapi mereka juga telah dikenal untuk menyerang Manusia ketika mereka disimpan dalam lingkungan penangkaran dan baik melarikan diri atau dibiarkan terlalu dekat.

Status Komodo Dragon dan Konservasi Hari Hidup

Hari ini, Komodo terdaftar oleh IUCN sebagai spesies yang rentan di dalamnya lingkungan alam dan karena itu berpotensi menghadapi kepunahan dalam waktu dekat. Meskipun sekali meluas di berbagai pulau di Indonesia bahwa mereka sekarang terbatas hanya beberapa dengan antara 3.000 dan 5.000 orang diperkirakan dibiarkan berkeliaran orang kaya, hutan vulkanik.

Meningkatkan minat mereka dari industri pariwisata meskipun berarti bahwa masyarakat setempat memiliki lebih banyak alasan untuk mencoba dan melindungi mereka dan beberapa habitat di mana mereka masih bertahan.

Leave a Comment