Contoh Penyakit autoimun

Nyeri sendi. Bukan masalah biasa karena Anda bertambah tua. Apakah karena keausan normal pada sendi? Mungkin. Tapi rheumatoid arthritis adalah penyakit autoimun, yang berarti sistem kekebalan tubuh secara keliru menyerang jaringan sehat.

Penyakit autoimun

Penyakit ini terjadi ketika sistem kekebalan tubuh gagal untuk mengenali molekul tubuh sendiri sebagai “diri sendiri”, atau milik orang tersebut. Sebaliknya, menyerang sel-sel tubuh seolah-olah mereka patogen berbahaya.

Ada lebih dari 80 penyakit autoimun yang dikenal. Ingat bahwa sel T regulator membantu mengatur sistem kekebalan tubuh. Ketika gangguan autoimun terjadi, sel-sel T regulator gagal dalam fungsi mereka. Hal ini menyebabkan kerusakan pada berbagai organ dan jaringan. Jenis gangguan autoimun tergantung pada jenis jaringan tubuh yang terkena.

Beberapa penyakit autoimun yang relatif umum tercantum pada Tabel di bawah ini. Penyakit ini tidak dapat disembuhkan, meskipun mereka dapat diobati untuk meringankan gejala dan mencegah beberapa kerusakan jangka panjang yang mereka sebabkan.

Nama Penyakit

Jaringan yang diserang oleh sistem imun

Hasil serangan sistem imun

Rheumatoid arthritis Jaringan di dalam sendi Nyeri dan kerusakan sendi diabetes tipe 1 Sel yang memproduksi insulin pada pankreas ketidakmampuan untuk memproduksi insulin, gula darah tinggi Multiple sclerosis selubung myelin neuron sistem saraf pusat kelemahan otot, nyeri, kelelahan lupus eritematosus Sistemik sendi, jantung, organ lain kerusakan sendi dan organ dan nyeri

Mengapa sel-sel tubuh menyerang sistem kekebalan tubuh? Dalam beberapa kasus, itu karena paparan patogen yang memiliki antigen yang mirip dengan molekul tubuh sendiri. Ketika ini terjadi, sistem kekebalan tubuh tidak hanya menyerang patogen, juga menyerang sel-sel tubuh dengan molekul yang sama.

Ringkasan

Penyakit autoimun terjadi ketika sistem kekebalan tubuh gagal untuk membedakan diri dari bukan-diri. Akibatnya, sistem kekebalan tubuh menyerang sel-sel tubuh sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rekomendasi Terkait
Menu