6 Langkah Cara Pasang Antena TV Di Rumah Yang Baik Dan Benar.

6 Langkah Cara Pasang Antena TV Di Rumah Yang Baik Dan Benar.

6 Langkah Cara Pasang Antena TV Di Rumah Yang Baik Dan Benar – Agar bisa menonton tayangan televisi secara jernih, maka kita harus memastikan terlebih dulu telah memasang antena secara benar. Jika masih bingung, kalian bisa mengikuti cara pasang antena TV yang benar seperti yang ada di bawah ini.

1. Memilih Antena

Sebelum memasang antena, tentunya kalian harus memilih jenis antena terlebih dulu. Ada berbagai jenis antena TV yang bisa kalian gunakan di dalam dan juga luar ruangan. Tidak sekedar murah saja, kalian juga harus memilih yang sesuai dengan kebutuhan. Jika rumah kalian berada dekat dengan stasiun pemancar, antena indoor pun sudah bisa digunakan untuk menonton acara televisi secara jernih. Tapi, jika rumah kalian terletak jauh dari stasiun pemancar, maka sebaiknya kalian menggunakan antena outdoor.

2. Memastikan Konektor Antena

Pada saat memilih kabel antena, pastikan terlebih dulu konektor yang akan kalian gunakan. Terdapat dua jenis input antena utama, yaitu koaksial RF yang memiliki lubang di bagian tengahnya sedangkan IEC yang memiliki lubang silinder di bagian tengahnya.

3. Pasang Penyangga

Agar antena bisa berdiri kokoh, kalian harus memasang penyangga dari kayu. Rekatkanlah antena dengan penyangga tersebut menggunakan tali. Jika kalian memiliki alat lebih, kalian bisa memasang bracket di sekitar tiang penyangga supaya tiang penyangga bisa berdiri lebih kokoh lagi.

TRENDING :  Download Kumpulan Firmware TV LED dan LCD Terlengkap

4. Menghubungkan Kabel dengan Konektor

Langkah selanjutnya yaitu menghubungkan kabel antena dengan konektor antena.

Berikut adalah cara menghubungkannya:

  • Siapkan peralatan terlebih dahulu, yaitu kabel, tang, gunting, dan juga konektor antena;
  • Kupas kulit kabel secara perlahan sekitar 1,5 cm menggunakan silet, cutter, ataupun gunting;
  • Setelah serabut kabel, kertas aluminium, dan juga kabel bagian dalam terlihat, maka satukan ketiga komponen ini;
  • Kendurkan baut yang ada di port konektor;
  • Masukkan kabel beserta isolator dan lilitan kabel ke port konektor;
  • Rekatkan lilitan kabel serabut tersebut dengan solder;
  • Pastikan bahwa kabel tembaga tidak menyatu dengan kabel serabut;
  • Rapikan kabel.

5. Pasang Konektor ke TV

Jika kabel sudah disambungkan ke konektor, maka langkah selanjutnya yaitu menghubungkan konektor ke TV. Sambungkan jack dengan lubang konektor yang ada di belakang televisi. Setelah itu, sambungkan juga ujung jack lainnya dengan antena televisi yang ada di atas genting.

Pastikan bahwa jack tersambung dengan baik, karena jika ada longgar sedikit saja, pastinya akan mempengaruhi kualitas gambar pada layar televisi.

6. Arahkan Antena

Langkah yang terakhir yaitu mengarahkan antena untuk mendapatkan sinyal dari pemancar. Untuk melakukan ini, kalian harus bekerja sama dengan seorang teman yang memantau televisi untuk memberitahukan apakah arah antenanya sudah benar atau belum.

Jika sudah selesai, kalian bisa meninggalkan antena dan menonton acara sesuai keinginan kalian di dalam rumah.

TRENDING :  Aplikasi Streaming TV Online Gratis dan Chanel Lengkap

Dan itulah 6 Langkah Cara Pasang Antena TV Di Rumah Yang Baik Dan Benar.