Cara Mudah Membuat Vaksin Ayam Tradisional

Cara Mudah Membuat Vaksin Ayam Tradisional – Bagi kalian yang hendak menggeluti usaha ternak ayam, maka kalian harus mempelajari cara perawatannya dan juga cara mengantisipasi resiko kegagalan. Ancaman yang paling serius pada bisnis ternak ayam adalah penyakit. Karena ayam merupakan hewan yang cukup jorok, jadi penyakit bisa dengan mudah menyerang ayam kapan saja.

Ayam yang terserang penyakit tingkat produktifitasnya tentu akan menurun dan bahkan bisa mengalami kematian. Kedua resiko tersebut adalah faktor utama kegagalan dari usaha ternak ayam.

Untuk itu kita harus memberikan perawatan yang tepat supaya kekebalan tubuh ayam bisa terjaga dan tidak mudah terserang penyakit.

Untuk menjaga kesehatan ayam dari penyakit, maka pemberian vaskin merupakan proses yang sangat dibutuhkan. Lalu apa kegunaan dari vaskin ini untuk ayam?

Kegunaan Vaksin untuk Ayam

Vaksin adalah zat atau senyawa yang fungsinya untuk membentuk kekebalan tubuh terhadap penyakit. Proses vaksinasi akan membuat antibodi pada tubuh ayam yang akan melindunginya dari berbagai macam penyakit berbahaya.

Banyak orang yang beranggapan, bahwa vaksinasi hanya bisa dibuat dari bahan kimia saja. Namun sebenarnya kita juga bisa membuat sendiri vaksin alami dengan bahan-bahan tradisional.

Dengan membuat ramuan/jamu dari bahan tradisional, kalian bisa menggunakannya sebagai vaksin ataupun obat alami untuk ayam.

Berikut adalah cara untuk membuat vaksin tradisional untuk ayam.

Cara Membuat Vaksin Ayam Tradisional

1. Bahan-Bahan

  • Kunyit, kunyit berguna sebagai anti bakteri dan anti septik.
  • Daun Sirih, daun sirih berguna sebagai anti septik tambahan.
  • Bawang Putih, bawang putih berguna sebagai anti biotik.
  • Daun Kelor, daun kelor berguna sebagai multivitamin dan mineral.
  • Madu, madu berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

2. Cara Pembuatan Vaksin Ayam

  • Pertama-tama kalian siapkan bahan-bahan berikut: 1 ruas kunyit; 1 tangkai daun sirih; 1 siung bawang putih; 3 sendok teh madu; 1 lembar daun kelor.
  • Kemudian, campurkan kunyit, daun sirih, bawang putih dan juga daun kelor, lalu haluskan menggunakan blender.
  • Jika sudah halus, tambahkan madu, dan aduk hingga tercampur rata.
  • Setelah itu, bentuk butiran kecil, sesuaikan dengan mulut ayam supaya mudah ditelan.
  • Jemur di bawah sinar matahari.
  • Dan simpan di tempat kedap udara supaya tahan lama.

3. Cara Pemberian Vasksin Alami untuk Ayam

Supaya bisa mendapatkan hasil yang maksimal, berikan ramuan vaksin tradisional ini seminggu dua kali. Proses pemberian jamu atau vaksin usahakan pada saat sore hari setelah ayam diberi pakan. Dengan begitu, maka ayam peliharaan kalian akan lebih tahan dari berbagai macam penyakit.

Demikianlah informasi mengenai cara untuk membuat vaksin tradisional untuk ayam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rekomendasi Terkait
Menu