8 Cara Setting Equalizer Untuk Vokal yang Cocok Untuk Pemula

8 Cara Setting Equalizer Untuk Vokal yang Cocok Untuk Pemula – Mungkin cara setting equalizer untuk vokal akan terdengar membingungkan karena tidak semua orang bisa melakukannya. Terlebih lagi untuk pemula. Sebab, untuk melakukan pengaturan dari level yang paling halus hingga keras dibutuhkan teknik tertentu. Setting equalizer ini adalah salah satunya.

Jika sudah memahami tentang bagaimana cara untuk mengaturnya, maka vokal yang pas akan bisa diperoleh dengan mudah. Maka wajar saja jika terkadang hal ini luput dilakukan. Karena masih baru mulai mencoba mengatur equalizer untuk nanyi, jadi masih bingung.

Bagi kalian yang masih pemula dan ingin mencoba melakukan setting pada equalizer untuk vocal, maka ada beberapa hal yang harus kalian lakukan. Untuk lebih jelasnya kalian simak beberapa penjelasan berikut ini!

Cara Setting Equalizer Untuk Vokal yang Mudah

Bagi para pemula, menyeting equalizer memang bukan hal yang mudah. Karena itulah, bagi para pemula yang ingin mengetahui bagaimana cara settingnya bisa menyimak penjelasan berikut;

1. Input Channel Jack

Dalam input channel ini ditemukan Jack XLR Female dan Jack Phone TRS. Yang berfungsi untuk menghubungkan input masukkan dari microphone.

Namun, tips dan trik cara setting equalizer untuk vokal itu tidak mudah dan harus dilakukan dengan hati-hati karena Gain input yang untuk di masukkan di channel mic memiliki Range OP Amp yang hanya menangkap getaran frekuensi audio tanpa penguatan.

2. Tombol Low Cut Switch

Bentuknya berupa sebuah sakelar on/off yang fungsinya untuk memangkas frekuensi yang memuat unsur suara rendah. Jika dalam kotak tertulis 100 Hz, itu berarti media ini memfilter lalu memotong frekuensi suara di bawah sinyal 100 Hz.

Penggunaan tombol ini juga bisa berfungsi untuk mengurangi tekanan nada dalam hembusan angin dari mulut penggunaan mikrofon.

3. Tombol Gain Sensitive

Selanjutnya adalah tombol gain sensitive. Kalin harus menekannya untuk menyesuaikan kepekaan dan kekuatan input source.

Misalnya dari mikrofon dan spul gitar posisi Gain Sensitive tentu akan melaju ke arah kanan pada satuan dBu. Maka Gain sens sendiri akan menghadiahkan ruang penguatan yang lebar dalam taraf depan Pre Amp Mixer.

Untuk cara setting equalizer pada pengaturan penguatan berupa keyborad, VCD player atau komputer, maka harus melakukan penyetelan pada gain sensitive di bawah 0 dBu untuk menghindari nada yang rancu.

4. Tombol EQ High

Agar bisa mendapatkan level dalam kepekaan lebar dengan suara tinggi, dan cara setting qualizer untuk vokal yaitu memutar ke kanan tombol EQ high supaya suara tinggi berada pada level yang kuat.

Tetapi, penguatan levelnya tidak boleh terlalu tinggi, karena bisa mengakibatkan horn drive dan kerusakan.

5. Setting Level Channel Audio

Selanjutnya yaitu menyetel tinggi level yang akan disalurkan ke adding dan main master. Biasanya, tingkat yang masuk di bagian adding itu berbeda-beda dipengaruhi besar kecilnya volume pada setiap channel.

6. Setting Master Channel Level Audio

Cara setting equalizer kemudian diikuti dengan langkah ini. Yang dimana seluruh sinyal yang masuk di kanal selanjutnya akan diolah dibagian master. Alat ini berupa operational amplifier yang nantinya akan menyalurkan ke bagian loudspeaker.

7. Setting Sound Effect

Pada bagian mixer console atau equalizer sudah terdapat fungsi yang satu ini. Kalian harus sering mencoba supaya bisa menemukan suara yang pas. Jika fungsi ini tidak ditemukan, maka kalian harus melengkapinya dengan perangkat sound fx external.

Kalian bisa menyambungnya dengan AUX send untuk pengirim sinyal dan return bisa kalian sambungkan ke salah satu channel.

8. Setting Sound Monitor Untuk Vokal

Sound monitor vokal adalah perangkat pemandu bermain musik di atas panggung. Agar tidak mengalami storing, kalian harus menyetting level dan tone hingga tingkat yang terbaik. Cara menyetting equalizer vokal ini mungkin akan terasa asing dan masih membingungkan bagi kalian yang belum terbiasa dengan perangkat pengatur vokal.

Cara di atas bisa kalian pelajari supaya kalian bisa memahami cara setting equalizer ini.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rekomendasi Terkait
Menu