Tips dan Manfaat Olahraga Calisthenics (Kalisteniks) untuk Pemula

Tips dan Manfaat Olahraga Calisthenics (Kalisteniks) untuk Pemula – Calisthenics merupakan salah satu olahraga yang sedang booming. Apakah kalian sudah mengetahui manfaat dan tipsnya?

Olahraga Calisthenics (Kalistenik)

Calisthenics merupakan suatu gerakan motorik atau olahraga yang menggunakan berat badan untuk membangun otot tubuh. Dan gerakan olahraga yang satu ini terbilang sederhana.

Beberapa gerakannya yaitu mendorong, menerjang, menarik dan mengangkat tanpa adanya alat tambahan. Maka, semakin sering otot bekerja maka akan semakin banyak juga masa ototnya.

Manfaat Olahraga Calisthenics

Olahraga yang satu ini memiliki manfaat yang bagus untuk tubuh. Selain itu, dengan gerakan yang mudah untuk dilakukan.

Berikut ini adalah manfaatnya:

  • Membantu membentuk otot dan bisa menurunkan berat badan.
  • Menjaga kesehatan, kekuatan, kepadatan tulang dan juga tubuh.
  • Membantu menjaga kesehatan jantung, pembuluh darah dan juga paru-paru.

Tips Olahraga Calisthenics

Kalian bisa ikuti tips berikut ini dan kalian pasti bisa mencobanya di rumah.

#1 Push Up

Gerakan push up ini akan membantu kalian untuk membentuk otot dada, lengan dan juga punggung. Sebelum melakukanya, kalian harus memperhatikan posisinya lebih dahulu.

Kalian posisikan telapak tangan di lantai ataupun matras selebar bahu. Lalu lakukan gerakan naik turun.

Ketika naik, posisikan tubuh, punggung, kepala dan kaki kalian tetap lurus. Lalu ketika turun pastikan badan tidak menyentuh lantai. Setidaknya jarak badan dan lantai adalah 5 cm.

Ulangi gerakan tersebut sampai 10 kali.

#2 Pull Up

Untuk melakukan pull up maka kalian harus menggunakan pull up bar atau palang besi yang kuat. Pull up bar ini bahkan bisa kalian temui di taman bermain.

Gerakan pull up akan lebih sulit karena sama saja kalian menari ke atas beban tubuh kalian hingga sejajar dengan pull bar.

Posisikan tangan kalian di pull bar dan menggantungkan diri secara perlahan. Lalu angkat kaki ke depan atau kebelakang supaya tidak mengenai tanah. Tarik tubuh ke atas dan kebawah. Ulangi sebanyak 8 kali.

#3 Lunges

Posisikan tubuh kalian berdiri tegak terlebih dahulu. Lalu ambilah langkah besar ke depan dengan 1 kaki.

Lalu tekuk lutut yang berada di bagian depan untuk menopang berat dan kaki belakang yang juga menekuk yang gunanya untuk menjaga keseimbangan. Tahan beberapa detik lalu berdiri dan lakukan cara yang sama dengan kaki satunya. Lakukan sebanyak 15 kali.

#4 Squat

Posisikan tubuh kalian berdiri dahulu dan buka kaki selebar bahu. Posisikan tangan kalian di bagian belakang kepala. Lalu turunkan secara perlahan tubuh hingga kalian setengah berjongkok.

Kemudian secara bersamaan dorong punggung kalian ke belakang. Tahan untuk beberapa saat dan berdiri lalu ulangi hingga 10 kali.

#5 Crunch

Gerakan ini dimulai dengan berbaring telentang. Kemudian kedua kaki ditekuk dan pastikan telapak kaki menapak di atas lantai ataupun matras. Posisikan jemari di sekitar pelipis atau disilangkan di depan dada. Kemudian angkat bahu serta punggung secara perlahan. Setelah itu diturunkan kembali.

Ulangi sebanyak 10 kali.

Gerakan Calisthenics tersebut bisa kalain lakukan setiap harinya, tapi ada pula alternatif untuk program kalistenik dasar yang bisa kalian coba yaitu:

  • Static chin up 8 kali repetisi lalu tidak istirahat.
  • Elevate push up 10 kali lalu tidak istirahat.
  • Leg raises 10 kali lalu tidak istirahat.
  • Inverted rows 45: 15 kali lalu tidak istirahat.
  • Bench dips
  • Squat
  • Istirahat selama 90 detik.

Cobalah Calisthenics di Rumah dan Dapatkan Tubuh yang Bugar

Ternyata, selain memiliki manfaat yang banyak, tetapi olahraga calisthenics memberikan kemudahan gerakan dan kontinuitas memang sangat membentuk kebiasaan sehat.

Dan itulah gerakan Calisthenics dan alternatif program dasar yang bisa kalian coba.

Leave a Comment