Cara Mengatasi Aplikasi BPJSTKU yang Tidak Bisa Dibuka

Cara Mengatasi Aplikasi BPJSTKU yang Tidak Bisa Dibuka

Cara Mengatasi Aplikasi BPJSTKU yang Tidak Bisa Dibuka – Apa yang harus kita lakukan jika aplikasi BPJSTKU tidak bisa dibuka? Biasannya hal ini ditandai dengan aplikasi yang tiba-tiba keluar sendiri ketika sedang dipakai, dan muncul kata-kata ‘Aplikasi Terhenti’ atau ‘Network Error’.

Kenapa Aplikasi BPJSTKU Tidak Bisa Dibuka?

BPJS Ketenagakerjaan telah merilis aplikasi untuk memudahkan para peserta dalam mengetahui informasi dan melakukan aktivitas yang terkait dengan BPJS Ketenagakerjaan. Aplikasi tersebut bernama BPJSTKU.

Namun, adakalanya juga aplikasi BPJS Ketenagakerjaan ini bermasalah. Hal ini membuat aplikasi ini tidak bisa dibuka. Padahal, sebelumnya masih bisa login dan juga cek saldo.

Jika kalian mengalami hal yang serupa, jangan khawatir. Kalian harus tahu dulu penyebab aplikasi BPJSTKU tidak bisa dibuka, sebelum mengetahui cara mengatasinya.

Ada beberapa penyebab aplikasi BPJSTKU tidak bisa dibuka, yaitu :

1. Jaringan Internet Tidak Stabil

Silahkan cek jaringan internet kalian. Biasanya, jika jaringan internet tidak stabil, maka akan berpengaruh pada akses aplikasi. Ini ditandai dengan aplikasi BPJSTKU yang tidak bisa loading atau justru tidak muncul di layar HP kalian.

2. Server BPJSTKU Mengalami Gangguan

Besar kemungkinan aplikasi BPJSTKU tidak bisa dibuka dikarenakan server sedang mengalami gangguan, seperti server down ataupun server under maintenance. Jika sudah begini, kalian hanya perlu menunggu sampai server kembali normal.

3. Memori Penyimpanan Ponsel Penuh

Karena memori penyimpanan ponsel penuh juga merupakan penyebab dari aplikasi tersebut tidak bisa dibuka. Jika Cache yang menumpuk dan juga data yang digunakan sudah semakin besar. Hal ini akan mempengaruhi performa aplikasi yang di-install di ponsel.

Oleh karena itu, cobalah cek memori ponsel kalian yang ada di menu setting ponsel kalian. Hapus juga file atau aplikasi yang tidak terlalu penting. Dengan menghapus beberapa data akan mengembalikan memori ponsel yang tersedia.

4. Kesalahan Data

Bisa saja pengguna aplikasi BPJSTKU memasukkan data yang salah. Misalnya seperti, salah ketik alamat email, lupa alamat email dan password, dan sebagainya. Jadi, coba kalian cek kembali apakah informasi yang kalian tuliskan itu sudah betul atau belum.

Cara Mengatasi BPJSTKU Tidak Bisa Dibuka

Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengatasi BPJSTKU jika tidak bisa dibuka.

1. Update Aplikasi BPJSTKU Terbaru

Apakah kalian sudah meng-update aplikasi BPJSTKU ke versi yang terbaru? Jika belum, segera kalian ke Google PlayStore atau Appstore untuk meng-updatenya

2. Menginstal Ulang Aplikasi BPJSTKU

Terkadang, meskipun sudah di update pun aplikasi masih suka bermasalah. Jika kalian mengalami hal tersebut, cobalah untuk menginstal ulang aplikasi BPJSTKU. Yaitu dengan meng-Uninstall aplikasi tersebut, lalu mendownloadnya kembali di Google Play Store atau Appstore.

3. Membersihkan Data dan Cache Aplikasi BPJSTKU

Kehadiran cache ini akan menghabiskan pemakaian space atau ruang data penyimpanan di HP kalian. Jika Cache terlalu penuh, maka beberapa aplikasi akan mengalami kendala ketika dibuka.

Untuk cara membersihkan data dan cache aplikasi BPJSTKU kalian ikuti langkah berikut :

  • Buka HP kalian dan pilih menu “Pengaturan” atau “Settings”
  • Pilih “Aplikasi”
  • Pilih Aplikasi “BPJSTKU”
  • Pilih “Penyimpanan”
  • Lalu, hapus data dan cache yang ada di aplikasi tersebut
  • Kalian bisa mencoba kembali untuk membuka aplikasi BPJSTKU

4. Masuk ke Halaman Facebook BPJSTKU

Jika ketiga cara di atas sudah kalian coba. Tetapi, aplikasi BPJSTKU masihh tetap tidak bisa dibuka. Maka solusi yang selanjutnya adalah dengan menghubungi pihak customer service BPJSTKU.

Kalian bisa menghubungi customer service BPJSTKU melalui Facebook resmi BPJS Ketenagakerjaan. Kalian kirimkan pesan lewat inbox supaya kerahasiaan data kalian terjaga.

Silakan tuliskan kendala kalian. Maka pihak admin akan meminta beberapa data jika pesan kalian telah dibaca. Untuk data yang diminta biasanya meliputi nomor referensi atau nomor peserta, nama lengkap, NIK, bukti screenshot aplikasi BPJSTKU saat terjadi masalah, dan sebagainya.

Dan pihak admin BPJS Ketenagakerjaan akan memeriksa penyebab tidak bisa dibukanya aplikasi tersebut.