BLT minyak goreng sebesar Rp300 ribu cair sebelum Idul Fitri 2022

BLT minyak goreng sebesar Rp300 ribu cair sebelum Idul Fitri 2022

Siap-siap BLT minyak goreng sebesar Rp300 ribu cair sebelum Idul Fitri 2022. Simak jadwal penyaluran bantuan untuk penerima BPNT, PKH dan PKL yang berjualan gorengan selengkapnya.

Program BLT minyak goreng dari pemerintah untuk meringankan beban masyarakat menyusul naiknya harga dari minyak akan cair sebelum Idul Fitri 2022.

Seperti yang kita ketahui, bahwa pemerintah akan memberikan program bantuan langsung tunai (BLT) minyak goreng kepada masyarakat dengan total 23 juta yang terdiri dari keluarga penerima BPNT dan PKH serta PKL yang berjualan gorengan.

Besaran bantuan yang nantinya akan diberikan oleh pemerintah yaitu Rp100 ribu per bulan untuk tiga bulan yaitu bulan April, Mei dan juga Juni yang penyalurannya akan dilakukan di muka yaitu pada bulan April ini.

Rincian dari jumlah penerima BLT minyak goreng ini yaitu sebanyak 20,5 juta keluarga yang terdaftar sebagai penerima BPNT dan PKH serta 2,5 juta PKL yang berjualan gorengan dan telah didata oleh petugas.

Pemberian bantuan ini juga merupakan salah satu upaya dari pemerintah untuk merespon kondisi politik dunia yang menyebabkan naiknya harga dari minyak sawit di pasar Internasional.

Mengingat sangat penting dan bermanfaatnya BLT minyak goreng ini, Presiden Joko Widodo pun meminta untuk penyaluran BLT minyak goreng ini dilakukan secepat-cepatnya yakni pekan ini.

Hal tersebut disampaikan oleh Presiden Joko Widodo dalam Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara pada hari Selasa, 5 April 2022.

TRENDING :  Cara Daftar Bantuan Pemerintah Online Dengan Aplikasi Cek Bansos

Sementara pada hari Kamis ini, tanggal 7 April 2022, Presiden Joko Widodo juga telah secara langsung memberikan BLT minyak goreng ini kepada masyarakat setelah melakukan peninjauan Pasar Rakyat Angso Duo Baru, Jambi.

“Saya sudah minta sebelum Lebaran harus bisa diselesaikan, seminggu sebelum Lebaran,” kata Presiden Jokowi dikutip dari Antara News pada 7 April 2022.

Sebelumnya, Sekjen Kemensos, Harry Hikmat juga sudah mengumumkan tentang jadwal penyaluran BLT minyak goreng ini, ia mengatakan bahwa BLT ini akan cair bersama dengan bansos BPNT dan PKH.

“Sembako (BPNT) pertama di awal April akan segera disalurkan. Yang bulan April dan Mei ditarik ke 21 April. Nanti disatukan dengan BLT minyak goreng dan PKH juga,” katanya dikutip dari Antara News, Kamis 7 April 2022. .

Demikianlah informasi mengenai jadwal pencairan BLT minyak goreng sebesar Rp300 ribu yang akan cair sebelum Idul Fitri 2022.