Niat,Doa dan Tata Cara Sholat Witir dalam Arab Lengkap dengan Artinya

Kemudian yang perlu diketahui adalah tentang doa sholat witir. Jika mengerkakan sholat witir 3 rakaat, maka boleh dikerjakan dua rakaat kemudia diakhiri dengan satu rakaat. Masing-masing rakaat satu tasyawud dan satu kali salam.

Selain itu boleh juga mengerjakan denan 3 rakaat sekaligus dengan satu kali salam. Sebenarnya tata cara sholat witir hampir sama dengan sholat fardhu, hanya saja berbeda niat dan jumlah rakaat.

Sebelum memulai sholat witir diawali dengan membaca niat sholat witir baik dalam hati ataupun dengan suara. Tak ada ketentuan yang memaksa dalam membaca niat sholat witir. Setelaah membaca niat kemudian dilanjutkan dengan takbiratul ihram.

  1. Membaca surat Al-Fatihah
  2. Membaca Suratan Pendek
  3. Ruku’
  4. I’tidal
  5. Sujud
  6. Tahiyatul Akhir
  7. Kemudian yang terakhir adalah Salam

Khusus sholat witir, pada rakaat ketiga membaca tiga surat , yakni Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Naas.

Doa Sholat Witir

Setelah selesai melaksanakan sholat witir, dianjurkan agar membaca doa. Doa adalah bentuk dari penyerahan diri seorang hamba kepada Allah SWT. Tak hanya itu saja, doa juga dapat mendekatkan diri kita kepada Allah SWT.

Setelah melaksanakan sholat witir disunnahkan untuk membaca dzikir sebanyak tiga kali:

“Subhaanal malikil quddus”

Setelah membaca zikir, berikut adalah doa setelah shalat witir yang dapat diamalkan.

“Allohumma inni a’udzu bi ridhooka min sakhotik wa bi mu’aafaatika min ‘uqubatik, wa a’udzu bika minka laa uh-shi tsanaa-an ‘alaik, anta kamaa atsnaita ‘ala nafsik”

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung dengan keridhaan-Mu dari kemarahan-Mu, dan dengan keselamatan-Mu dari hukuman-Mu, dan aku berlindung kepada-Mu dari siksa-Mu. Aku tidak mampu menghitung pujian dan sanjungan kepadaMu, Engkau adalah sebagaimana yang Engkau sanjungkan kepada diri-Mu sendiri.”

Itulah niat,doa, dan juga tata cara dalam melaksanakan sholat witir. Perbanyak ibadah dan perbaiki kualitas ibadah kita agar mendapatkan Ridho dan berkah di bulan yang suci ini.

Seputar Ramadhan

Leave a Comment