Cara Mengatasi Speaker Aktif Serak

Hal-hal yang Membatalkan Puasa? Berikut Penjelasannya

Tujuan dari menjalankan ibadah puasa adalah untuk melatih diri agar menahan hawa nafsu, jadi tidak hanya sekedar menahan lapar dan haus saja. Selain itu agar mendapatkan keberkahan, maka umat muslim juga harus menjaga puasanya dari hal-hal yang dapat membatalkan puasa.

Terkadang masih banyak orang yang tidak mengetahui hal-hal kecil dapat membatalkan puasanya. Lalu apa saja hal yang dapat membatalkan puasa dan harus dihindari ? berikut adalah penjelasanya !

Hal-hal yang Membatalkan Puasa

Hal-hal yang dapat membatalkan puasa telah tercantum didalam banyak kitab. Pada halaman resmi dari NU sendiri yang mengutip dari kitab Matnu Abi Syuja yang ditulis oleh Syeh Abi Syuja, menjelaskan tentang hal-hal yang dapat membatalkan puasa. Berikut pembahasanya.

  • Sesuatu yang sampai ke rongga bagian dalam tubuh (jauf) atau kepala.
  • Memasukan sesuatu kedalam salah satu dari dua jalan (qubul dan dubur) pada saat berobat.
  • Muntah yang dilakukan dengan sengaja
  • Melakukan hubungan suami istri secara sengaja pada siang hari
  • Keluarnya air mani dikarenakan oleh sentuhan kulit (disengaja)
  • Haid dan nifas pada Perempuan
  • Orang dalam Gangguan kejiwaan
  • Pingsan sepanjang hari
  • Murtad

Sementara itu didalam sebuah video Youtube Al-Bahjah TV, Yahya Zainul Ma’arif Jamzuri atau Buya Yahya mengatakan ada sembilan hal yang dapat membatalkan puasa. Buya menjelaskan fiqih praktik yang mengacu kepada mahzab imam Syafii. Berikut adalah sembilan hal yang membatalkan puasa :

  1. Memasukan sesuatu ke dalam lima lubang tubuh, yaitu mulut, lubang telinga,lubang hidung,dubur, dan juga lubang kemaluan
  2. Muntah yang disengaja. Jika muntah yang dikarenakan oleh mabuk perjalanan atau mencium bau yang tidak sedap, maka puasanya tidak batal, dengan catatan harus segera berkumur agart tidak tertelan kembali.
  3. Melakukan hubungan suami istri, meskipun tidak sampai keluar mani tetap mematalkan puasa.
  4. Keluar air mani secara disengaja, seperti melakukan masturbasi atau onani. Namun apabila keluar secara tidak sengaja, seperti mimpi basah, maka tidak membatalkan puasa namun harus segera melakukan mandi wajib untuk mensucikan diri.
  5. Perempuan yang sedang haid.
  6. Perempuan melahirkan atau mengalami keguguran
  7. Kehilangan akal seperti ODGJ, pingsan selama satu hari penuh, dan juga tidur dari pagi hingga malam.
  8. Murtad, murtad tidak hanya keluar dari Islam namun keluar dari keimanan.
TRENDING :  Apakah Menelan Ludah Membatalkan Puasa?Berikut Penjelasanya!!!

Nah itulah hal-hal yang dapat membatalkan puasa, sebagai umat muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa Ramadhan sebaiknya selalu menjaga puasa agar tidak melakukan hal-hal yang dapat membatalkan puasa.