Apa Hukum Menggosok Gigi Saat Berpuasa, Batal apa Tidak ? Berikut Penjelasanya

Puasa adalah ibadah wajib yang harus dilaksanakan pada bulan suci Ramadhan. Umat muslim harus menahan lapar dan hawa nafsu dan menjaga dari segala sesuatu yang dapat membatalkanya mulai dari terbit matahari hingga matahari terbenam.

Umat Islam di Indonesia telah melaksanakan ibadah puasa Ramadhan semenjak hari minggu 3 April 2022. Namun ada juga yang telah menjalankan ibadah di hari sebelumnya, seperti ormas Muhammadiyah yang telah menjalankan Puasa sejak 2 April 2022.

[irp posts=”3260″ name=”Apakah Menelan Ludah Membatalkan Puasa?Berikut Penjelasanya!!!”]

Saat sedang menjalankan ibadah puasa umat muslim harus menjaga dari sesuatu yang dapat membatalkanya. Seperti memasukan benda apapun melalui 7 lubang yang ada pada tubuh manusia karena dapat membatalkan puasa.

Apa Hukum Menggosok Gigi Saat Berpuasa, Batal apa Tidak ?

Lalu, apa hukumnya apabila menyikat atau menggosok gigi pada saat sedang menjalankan puasa Ramadhan ? apakah membatalkan puasa atau tidak ?

Seringkali pertanyaan ini muncul dan dipertanyakan humumnya, pasalnya pada saat menggosok gigi ada air yang masuk ke dalam mulut. Termasuk pertanyaan yang paling sering di tanyakan adalah,menggosok gigi sesaat setelah imsak.

[irp posts=”3245″ name=”Jadwal imsak Ramadhan 2022 Wilayah Jawa dan Link Download Jadwal Imsak Seluruh Indonesia”]

Ketua MUI bidang Dakwah Cholil Nafis menjelaskan tentang aturan menggosok gigi ketika sedang berpuasa di bulan Ramadhan.

Menurut Cholil, menyikat atau menggosok gigi di siang hari ketika melaksanakan puasa Ramadhan tidak membatalkan puasa.

Jadi meskipun menggosik gigi setelah imsak adalah diperbolehkan dan tidak membatalkan puasa.

“Kalau dilakukan sebelum Dhuhur, hukumnya boleh, bahkan dianjurkan bagi yang ingin membersihkan mulutnya,” terang Cholil dikutip dari Kompas.com

Meskipun begitu, apabila menyikat atau menggosok gigi setelah Dhuhur maka hukumnya adalah makruh, terang Cholil menambahkan.

Buat yang belum tau, makruh adalah suatu perbuatan yang sebaiknya tidak dilakukan tetapi jika dilakukan juga tidak mendapatkan dosa.

Cholil juga menambahkan apabila menggosik gigi dan airnya tertelan, maka hukumnya adalah haram dan membatalkan puasa.

“Oleh karena itu, pada saat kita puasa, berkumur-kumur tidak boleh terlalu dalam, agar tidak menelan air,” ucap cholil.

Tips Sikat Gigi Saat Berpuasa

Menggosok gigi secara rutin ketika berpuasa sangatlah penting untuk kebersihan mulut, dengan catatan seperti yang telah dijelaskan diatas.

Jangan samapai bulan puasa dijadikan alasan untuk bermalasan dan jarang menggosok gigi.

Berkaitan dengan aturan menggosok gigi ketika berpuasa,Dokter Gigi Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Soelastri Solo, drg. Sartari Entin Yuletnawati, M.D.Sc mengatakan hanya ada perubahan waktu pelakasanaanya saja.

Waktu yang tepat untuk menggosok gigi di bulan Ramadhan adalah setelah makan sahur dan menjelang tidur di malam hari.

Dengan begitu, kebersihan mulut akan tetap terjaga selama menjalankan ibadah puasa.

 

Leave a Comment