Geger!!!!Setelah Minyak Goreng, Giliran Pertamax Naik Jadi Rp.16.000

Harga minyak dunia saat ini terus berada di atas USD 100 per barel hingga akhir Maret 2022. Kenaikan harga minyak dunia ini tentu saja akan mempengaruhi harga keekonomian BBM nonsubsidi seperti Pertamax.

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerjasama Kementerian ESDM Agung Pribadi mengatakan, konflik yang terjadi antara Ukraina dan Rusia adalah faktor yang mendorong adanya kenaikan harga minyak mentah.

Harga minyak dunia yang semakin tinggi tentu saja berpengaruh terhadap harga BBM. Kemudian dalam menghitung harga keekonomian pada bulan maret mempertimbangkan realisasi perkembangan harga sebelumnya. Padahal dibulan sebelumnya harga minyak belum setinggi bulan maret 2022.

“Dengan mempertimbangkan harga minyak bulan Maret yang jauh lebih tinggi dibanding Februari, maka harga keekonomian atau batas atas BBM umum RON 92 bulan April 2022 akan lebih tinggi lagi dari Rp 14.526 per liter, bisa jadi sekitar Rp 16.000 per liter,” kata dia.

“Jadi sebagaimana yang telah disampaikan oleh Bapak Menteri ESDM, saat ini kita masih mencermati harga minyak ini, karena kalau berkepanjangan memang bebannya berat juga baik ke APBN, Pertamina dan sektor lainnya,” pungkas Agung.

Untuk diketahui di PT Pertamina (Persero) BBM umum RON 92 adalah produk Pertamax.  Dengan begitu harga Pertamax seharusnya berada di kisaran Rp 16.000 per liter di April 2022.

 

Pages: 1 2Show All

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You might also like