5 Tips Untuk Menjadi Youtuber Sukses

5 Cara Yang Harus Dilakukan Youtuber Pemula Agar Sukses – Kita semua setuju bukan, bahwa pekerjaan paling menyenakngkan adalah hobi yang dibayar? Jika kamu punya hobi tampil didepan banyak orang, ingin menjadi terkenal dan senang untuk membagikan kegiatanmu melalui video, mungkin youtuber adalah pekerjaan yang cocok untukmu.

Youtuber adalah orang yang menggiati Aplikasi Youtube. Mereka yang aktif membuat dan upload konten video di Youtube. Sekarang ini banyak orang yang tertarik untuk menjadi youtuber karena tergiur dengan hasil yang didapatkan. Namun, uang dari Youtube tidak dapat semudah itu di dapatkan, ada kiat kiat sukses yang harus dilakukan.

Nah kali ini, Mino akan membagikan 5 cara yang bisa kamu ikuti untuk bisa menjadi youtuber sukses. Yuk simak sekarang!

1. Tentukan Konten Yang Akan Dibuat

Jika kamu memang serius ingin menggeluti dunia Youtube, maka hal pertama yang harus kamu tentukan adalah jenis konten yang akan kamu buat. Daripada mengalir seperti air, lebih baik kamu tegas dan menetukan jenis konten dari awal. Selain akan memudahkan kamu konsisten, hal ini juga dapat membantu kamu lebih cepat di kenali.

Putuskan untuk fokus pada salah satu jenis konten, contohnya konten edukasi, daily mini vlog, konten mukbang/ makan, konten traveling, atau masih banyak lagi. Fokus pada satu konten pada awal karir akan membuat kamu mempunyai ciri khas dan kamu bisa menjadi top of mind orang tentang jenis konten kamu.

Misalnya, kamu rutin upload konten mukbang, maka jika orang ingin melihat konten mukbang kamu bisa masuk list top of mind orang untuk menonton konten mukbang.  Untuk membantu kamu memutuskan, pertimbangkan juga tingkat kemenarikan konten kamu. Konten yang menarik akan memudahkan kamu mendapat viewers dan audiens.

2. Kenali Audiens atau Viewers.

Audiens atau viewers inilah yang akan menjadi penentu kesuksesan dan keterkenalan kamu. Kamu harus membentuk jalinan atau bounding yang baik dengan viewers kamu. Cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan mulai memberi nama pada viwesr atau fans kamu. Hal ini akan membuat ikatan diatantara tersendiri diantara kalian. Selain itu kamu juga bisa membuat kesan bahwa mereka adalah orang-orang yang kamu kenal dan dekat denganmu.

Setelah membuat nama fandom, kamu bisa mulai menjadikan komentar atau request mereka menjadi ide konten. Selain menghemat energi berpikir ide konten, hal ini juga bisa membuat viewers kamu merasa didengarkan, sehingga mereka bisa lebih aktif lagi dalam men support kamu di Youtube lho!

3. Promosikan Konten Kamu

Selain Youtube kamu tentu punya media sosial lain kan? Seperti Instagram, FaceBook, Twitter (X) atau TikTok. Kamu bisa menggunkan media tersebut untuk mempromosikan konten Youtube kamu. Selain bisa memperluas jangkauan dan viewers, kamu juga bisa menambah kenalan sesama Youtuber atau konten kreator.

Kalian bisa saling mempromosikan akun dan konten satu sama lain. Hal ini akan memberikan keuntukangan untuk kalian, contohnya kalian seperti bisa bertukan viewers. Kalau bisa jangan hanya promosikan, tapi lakukanlan kolaborasi atau collab. 

4. Tingkatkan Kualitas Konten.

Sambil terus belajar, jika konten kalian sudah menghasilkan, kalian bisa meng-upgrade konten kalian. Bisa dari segi visual atau audio. Tidak ada salahnya lho untuk menginvestasikan penghasilan kamu di peralatan atau orang.

Kamu bisa meng-upgrade ke kamera yang lebih bagus atau membeli set up yang lebih proper. Karena selain ide konten kualitas gambar adalah salah satu hal yang kamu jual saat menjadi Youtuber. Selain itu kamu bisa mulai menambah pekerja kreatif sebagai tim kamu, seperti editor atau tim kreatif. Dengan meng-hire editor berpengalaman yang bisa membatumu, itu juga bisa jadi hal yang bisa meningkatkan kualitas konten kamu. Selain itu, jika kamu sudah semakin terkenal dan rutin upload, kamu mungkin butuh yang namanya tim kreatif untuk membantumu menyiapkan ide konten lain atau menata sep-up.

Demi kesuksesanmu sebagai youtuber, kamu harus sering mengintrospeksi kekurangan konten kamu agar bisa lebih menarik lagi. Karena itu, kamu bisa tahu mana hal yang harus di-upgrade lagi kan?

5. Konsisten dan Sabar

Selain keempat hal tadi, salah satu hal penting yang harus kamu lakukan adalah konsisten dan sabar. Bisa dibilang point ini adalah hal yang paling penting namun sering disepelekan oleh para youtuber pemula. Karena, tanpa konsisten dan sabar dapat dipastikan kalau kesuksesan youtuber tidak akan kamu rasakan.

Menjadi youtuber butuh proses dan waktu. Bahkan setelah kamu mengerahkan seluruh tenaga dan melakukan semua tips yang dibarikan, belum tentu kamu akan langsung sukses. Prosesnya harus kamu nikmati dan lewati tahap demi tahap. Oleh karena itu konsistensi dan kesabaran menjadi kunci penting. Dibanding dengan menambah jumlah viewers, lebih baik kamu tetap mempertahankan dan mempererat bounding dengan para fans kamu yang sudah men-support kamu dari awal.

Dunia youtube bisa menjadi tidak pasti, apalagi dengan seiring waktu akan terus berdatangan youtuber yang lebih pintar dan menarik. Namun sama seperti kamu di awal dulu, yang mereka punya hanyalah kesabaran, konsistensi, dan semangat. Maka jika kamu sudah kehabisan sabar, konsistensi, dan semangat, siap-siap gulung tikar dari Youtube.

 

Akhir kata

Nah, sekarang sudah tahu kan, tips-tips yang bisa kamu lakukan agar bisa sukses menjadi youtuber pemula. Kesuksesan tidak datang dalam semalam. Butuh waktu, kesabaran, dan konsistensi untuk tumbuh di YouTube. Tapi, apapun itu intinya tetap semnagat dan jangan menyerah pada sesuatu yang kamu impikan yaa!

Sekian yang bisa Mino sampaikan, semoga artikel ini bermanfaat, dan  sampai jumpa di pembahasan lain mengenai Teknologi-Bisnis di artiker teknowarta selanjutnya!

 

Leave a Comment