5 Ciri-ciri WA disadap dan Cara Mengatasinya

5 Ciri-ciri WA disadap dan Cara Mengatasinya – Teknologi dan internet kini sudah bukan barang mewah, dimana semua orang kini bisa mengakses dan meenikamati layanannya dimana saja dan kapan saja. Salah satunya adalah aplikasi WhatsApp yang biasanya kita gunakan untuk chatting, video call, atau urusan bisnis maupun personal lainnya.

Namun, ditengah kemudahan teknologi saat ini, banyak juga yang dapat disalahgunakan, contohnya seperti penyadapan WhatsApp yang dapat sangat merugikan kita . Hal seperti ini rawan tejadi apalagi bagi kita yang tidak terlalu mengutamakan keamanan informasi pribadi kita. Pada artikel kali ini, Mino akan mengajak kalian mengenali ciri-ciri jika WhatsApp kalian disadap, jadi simak baik baik ya sobat!

Ciri-ciri WA disadap dan Cara Mengatasinya

Seperti apa sebenarnya ciri-ciri WA disadap? Dan jika WA disadap Bagaimana cara untuk mengatasi nya? Mari kita ulas bersama.

1. Bagaimana yang terjadi jika WA disadap

Jika WA kita sudah disadap yang pasti akan memberikan kerugian bagi kita, karena artinya data pribadi kita sudah tersebar dan diketahui orang lain tanpa izin kita. Data ini kemudian bisa disalahgunakan, seperti untuk bahan pemerasan, pengancaman, dan bahkan penipuan lho sobat!

2. Apa Ciri-ciri WA disadap?

Jika WA disadap, kalian bisa mengetahui secara garis besarnya saja. Tanda-tanda WA disadap bisa dengan mudah kalian ketahui. Berikut ini ciri-ciri WA disadap :

  • Pesan telah terbaca padahal kalian tidak pernah membukanya sama sekali.

Hal ini bisa merugikan kalian karena, bisa saja pesan yang belum dibaca itu merupakan sesuatu yang sangat personal dan bersifat rahasia.

  • Adanya sebuah riwayat WhatsApp Web pada perangkat yang tidak dikenali.

Jika kamu perhatikan pada, tanda titik tiga di bagian kanan atas akan ada tombol “Perangkat tertaut”, jika kami klik, di situ akan menunjukan riwayat alamat web yang tertaut dengan WA kalian. Ketika sudah kalian sudah pastikan tidak ada satupun web tersebut adalah milik kalian, maka kalian harus segera klik alamat web kemudia klik “keluar” yaa!

  • Aplikasi WhatsApp tiba-tiba logout dengan sendirinya.

Jika Aplikasi WA kalian gunakan tiba tiba logout, maka besar kemungkinan WA kalian sedang diambil alih oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

  • Terdapat sebuah aplikasi asing yang terinstall pada perangkat kalian.

Pada sekarang ini, sebuah aplikasi tidak hanya bisa didownload di AppStore ataupun Google PlayStore melainkan bisa juga dibagikan lewat link di WA lho sobat! Jika tiba tiba ada aplikasi asing yang terpasang di HP kalian, segera hapus ya!

  • Sebuah pesan yang dikirim tanpa sepengetahuan kalian.

Nah yang terakhir ini adalah yang paling sering terjadi karena selain WA kalian sudah diambil alih oleh oknum, mereka juga dapat menggunkan akun WA kalian untuk penipuan lho sobat! Modus yang paling sering terjadi adalah oknum akan segera menghubungin orang orang di kontak kalian dan akan meminta batuan berupa sejumlah uang atau pulsa.

3. Bagaimana Cara Mengatasi Jika WA disadap?

Cara untuk mengatasi WA yang disadap itu sangat mudah, setidaknya ada 3 cara yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi atau memutuskan penyadapan pada WA kalian, berikut inilah cara untuk mengatasi nya :

  • Log out semua Aktifkan lewat Whatsapp Web

Untuk mengatasi WA yang disadap, yang harus dilakukan untuk menghentikan sadapan yang sudah berlangsung yaitu dengan logout dari semua perangkat melalui whatsapp web, caranya yaitu :
– Silahkan kalian Login Whatsapp Web via Laptop.
– Lalu Pilih Setting.
– Jika sudah Pilih Keluar dari semua computer.

  • Aktifkan Verifikasi Dua Langkah

Cara kedua untuk mengatasi WA yang disadap yaitu dengan mengaktifkan fitur two factor authentication whatsapp atau verifikasi dua langkah. Caranya yaitu :
– Awali dengan kalian buka WA, lalu klik setting Pojok Kanan Atas.
– Kemudian Pilih Akun dan Aktifkan Keamanan.
– Jika sudah, kalian pilih Aktifkan Verifikasi Dua Langkah.

Di saat verifikasi dua langkah sudah diaktifkan, nantinya kita akan mendapatkan perintah untuk membuat pin sebanyak enak digit. Pilihlah pin sesuai yang dengan keinginan kalian.Ingat baik-baik pin keamanan tersebut. Jika sudah, masukan email kalian yang aktif sebagai pusat notifikasi jika ada hal yang mencurigakan.Keamanan Verifikasi dua Langkah tersebut merupakan cara untuk mengunci supaya WA kita tidak bisa disadap.

4. Cara Mencegah WA Disadap

Untuk mencegah WA kalian disadap, penting untuk kalian mencegah langkah langkah proaktif. Selain Verifikasi Dua Langkah, berikut adalah hal-hal yang bisa kalian lakukan :

     • Jangan Bagikan Kode OTP

Setelah Verifikasi Dua Langkah, kalian biasanya akan mendapat kode OTP (One Time Password), jangan berikan kode ini kepada siapapun termasuk keluarga kalian.

     • Waspada Terhadap Link/ File Yang Mencurigakan

Waspadai setiap link/ file yang kamu terima, jika itu dikirim oleh nomor yang tidak dikenal jangan pernah kamu langsung klik. Sedangkan untuk file, hindari file dengan judul seperti undangan pernikah, nama aplikasi asing, atau bahkan dalam bentuk audio. Modus seperti ini makin marak digunakan untuk mengambil alih data pribadi kamu di WA lho sobat!

     •Gunakan Koneksi Internet/ WiFi Yang Aman

Hindari menggunakan jaringan Wi-Fi publik yang tidak aman untuk mengakses WhatsApp, karena peretas dapat dengan mudah mengintersepsi data Anda di jaringan tersebut. Gunakan koneksi internet pribadi atau VPN yang aman.

     •Periksa Sesi WhatsApp Web Aktif

Periksa secara berkala sesi WhatsApp Web yang aktif untuk memastikan tidak ada akses tidak sah. Untuk memeriksanya:

  • Buka WhatsApp di ponsel Anda.
  • Pilih WhatsApp Web dari menu.
  • Logout dari semua sesi yang tidak dikenal atau mencurigakan.

Sekarang sudah tahu kan sobat seberapa bahayanya penyadapan WhatsApp ini, tapi tenang kalian juga sudah tahu kan cara mengatasi dan mencegahnya. Mulai sekarang tetap waspada di era teknologi digital ini dan jangan lupa untuk menjaga data pribadi kalian dengan hati hati yaa! Sekian yang dapat Mino bagikan dengan kalian, semoga bermanfaat!

Leave a Comment