Frekuensi Baru Matrix Garuda dan Nex Parabola di Satelit Telkom 4

Frekuensi Baru Matrix Garuda dan Nex Parabola di Satelit Telkom 4 – Matrix Garuda, Matrix sinema, Mola Matrix dan juga Nex Parabola telah menyasar keseluruh penikmat tayangan televisi berkualitas pada sektor TV satelit berlangganan atau di kenal juga dengan sebutan parabola. Setelah adanya kabar bahwa satelit Palapa sedang dibayang-bayangi akan anomali secara tiba-tiba.

Hal ini memaksa Matrix Garuda, Matrix Cinema, Mola Matrix dan Nex Parabola untuk hadir di satelit dengan menggunakan dua sistem yaitu C Band dan juga KU Band sehingga bisa untuk menjangkau keseluruh pengguna satelit baik itu yang pengguna TV satelit gratisan yang sedang mencoba migrasi ke TV berlangganan ataupun migrasi dari TV berlangganan lainnya.

Salah satu keunggulan dari Matrix Garuda, Matrix Cinema, dan Mola Matrix ini adalah jika pengguna TV satelit yang sebelumnya sudah menggunakan receiver FTA ataupun pernah menggunakan TV berlangganan lain dan migrasi ke Matrix Garuda, Matrix Sinema, Mola Matrix maka akan mendapatkan siaran FTV lokal Indonesia yang cukup lengkap kecuali MNC Group.

Akan tetapi, untuk C Band sendiri diprediksi akan bermigrasi ke Satelit Telkom 4 C Band (merah putih), dan untuk pengguna KU Band tidak akan mengalami perubahan. Matrix Garuda telah diprediksi akan bermigrasi ke satelit Telkom 4 (merah putih) dikarenakan beberapa siaran FTA sudah mulai berpindah dari satelit Palapa D ke satelit milik Telkomsat tersebut karena sudah anomali.

Memang Matrix Garuda, Matrix Cinema, Mola Matrix migrasi ke satelit Telkom 4 masih belum resmi diumumkan, tetapi untuk frekuensinya sudah mulai aktif di satelit Telkom 4 (merah putih). Matrix Garuda, Matrix Cinema, Mola Matrix juga telah melakukan uji coba frekuensi baru pada satelit lain, hal ini dilakukan untuk antisipasi jika saja terjadi anomali suatu saat tanpa ada yang bisa prediksi pada satelit Palapa D.

Frekuensi Terbaru untuk Matrix Garuda dan Nex Parabola

berikut adalah informasi terkini mengenai frekuensi yang harus diatur pada receiver Anda.

Matrix Garuda

  • Frekuensi: 4180 MHz
  • Polaritas: Vertical (V)
  • Symbol Rate: 29800 Ks/s
  • FEC: 3/4
  • Modulasi: DVB-S2, 8PSK
  • Format Video: MPEG-4/HD

Nex Parabola

  • Frekuensi: 3900 MHz
  • Polaritas: Vertical (V)
  • Symbol Rate: 29800 Ks/s
  • FEC: 5/6
  • Modulasi: DVB-S2, QPSK
  • Format Video: MPEG-4/HD

Frekuensi baru ini diharapkan dapat memperluas cakupan siaran dan meningkatkan kualitas tayangan bagi penggunanya.

Pengaturan Receiver

Setelah mengetahui frekuensi terbaru, langkah selanjutnya adalah melakukan pengaturan pada receiver Anda. Berikut adalah langkah-langkah umum yang dapat diikuti:

  1. Akses Menu Receiver: Nyalakan receiver dan TV Anda, kemudian akses menu pengaturan pada receiver dengan menggunakan remote control.
  2. Pilih Menu Instalasi: Dalam menu utama, cari dan pilih opsi instalasi (Installation) atau pengaturan saluran (Channel Setup).
  3. Masuk ke Pengaturan Satelit: Pilih opsi pengaturan satelit (Satellite Setup) atau sejenisnya untuk memulai pengaturan frekuensi.
  4. Tambahkan Transponder Baru: Cari opsi untuk menambahkan transponder baru (Add New Transponder) atau edit transponder yang sudah ada. Masukkan detail frekuensi, polaritas, dan symbol rate sesuai dengan informasi di atas.
  5. Mulai Pencarian Saluran: Setelah memasukkan semua detail, pilih opsi untuk memulai pencarian saluran (Scan Channel) atau sejenisnya. Anda dapat memilih pencarian otomatis (Auto Scan) atau manual (Manual Scan) tergantung pada opsi yang tersedia pada receiver Anda.
  6. Simpan Pengaturan: Setelah pencarian selesai, simpan pengaturan yang telah Anda buat. Pastikan semua saluran baru telah berhasil ditambahkan ke daftar saluran Anda.

Akhir Kata

Dan itulah pembahasan Teknowarta frekuensi dari Matrix Garuda, dan juga Nex Parabola di satelit Telkom 4 Merah Putih. Dengan pembaruan frekuensi, Anda tidak hanya memastikan akses ke saluran-saluran favorit Anda tetap terjaga, tetapi juga dapat menikmati siaran dengan kualitas gambar dan suara yang terbaik. Sekian yang bisa Mino sampaikan, semoga artikel ini bermanfaat, dan  sampai jumpa di pembahasan lain mengenai Teknologi-Bisnis di artikel teknowarta selanjutnya!

 

Leave a Comment