Perbedaan K Vision KU Band dan K Vision C Band

Perbedaan K Vision KU Band dan K Vision C Band

Perbedaan K Vision KU Band dan K Vision C Band – Setiap orang pasti bingung untuk membedakan C Band dan Ku Band jika baru pertama kali mencoba siaran TV satelit. Dari kedua jenis LNB tersebut, apa saja kelebihan dan kekurangannya. Pada artikel ini akan membahas tentang perbedaan LNB C-Band dan Ku-Band.

Apa itu LNB?

LNB atau singkatan dari Low Noise Block ini, merupakan sebuah yang fungsinya untuk menerima dan memperkuat sinyal satelit mikro atau lemah sehingga bisa  menjadi lebih kuat, menyaring noise, serta menkonversi sinyal ke frekuensi yang lebih rendah.

Dengan adanya bantuan dari LNB ini, sinyal pantulan dari parabola dikumpulkan menjadi satu titik fokus yang kemudian akan diteruskan oleh kabel koaksial lalu receiver.

Perbedaan K Vision KU Band dan K Vision C Band

Agar dapat mengumpulkan sinyal dengan baik, kalian harus mengatur arah dan juga sudut kemiringan dari parabola dengan benar. Untuk saat ini proses ini lebih mudah dikarenakan banyaknya aplikasi pencari satelit parabola.
Dibawah ini adalah perbedaan antara K Vision Ku band dan K Vision C Band dari segi siaran, antena, dan lain-lain.

Antena Parabola

Antena yang digunakan oleh K Vision Ku Band dan juga K Vision C Band berbeda, K Vision Ku band dapat menggunakan antena parabola mini atau offset dengan hanya menggunakan LNB Ku Band untuk menerima sinyal dari satelit Measat 3 Ku band, dengan antena yang kecil tentu saja bisa lebih menghemat tempat, meskipun bisa juga dengan menggunakan antena parabola besar dengan menggunakan LNB ku band sebagai penangkap siarannya, akan tetapi sangat rawan terganggu hujan jika menggunakan KU Band apa lagi jika hujannya deras.

Berbeda dengan K Vision C Band harus menggunakan Parabola yang besarnya minimal 5.5 feet dengan menggunakan LNB C Band, tetapi dengan menggunakan antena yang cukup besar, tentu akan memakan banyak tempat. Akan tetapi tidak akan terganggu oleh hujan jika menggunakan C Band frekuensi ini meskipun lebat sekalipun.

Jumlah Siaran

Jumlah siaran yang disediakan juga berbeda. Hal ini dikarenakan siaran lokal banyak yang masih FTA di satelit Palapa C Band, sehingga K Vision sudah tidak perlu lagi memasukkan channel lokal yang masih FTA di Palapa kedalam transponder mereka.

Berbeda dengan KU Band yang memiliki jumlah channel lebih banyak karena siaran Nasional yang ada di Indonesia ikut juga ke dalam transponder K Vision, apa lagi transponder K Vision di Measat Ku Band ada 2 sehingga siaran tv yang didapatkan pelanggan memang lebih banyak, dan ditambah channel premium yang tidak ada di satelit Palapa seperti Soccer Channel.

Dua frekuensi aktif yang akan digunakan Transponder baru K Vision di Telkom 4 C Band yaitu :

  • Frekuensi: 3980
  • Polaritas:
  • S/R: 31000

Akhir Kata

Dan itulah sedikit ulasan tentang perbedaan K Vision Ku Band dan juga K Vision C Band.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.