Solusi Untuk SCTV Indosiar Hilang di Daerah Antena UHF

Solusi Untuk SCTV Indosiar Hilang di Daerah Antena UHF

Solusi untuk SCTV Indosiar hilang di daerah antena UHF – Nama SCTV dan Indosiar pasti sudah tidak asing lagi di telinga kalian. Bagaimana tidak, kedua siaran tersebut merupakan siaran TV Nasional yang masuk dalam salah satu 10 siaran Televisi terfavorit bagi masyarakat, saat ini siaran SCTV dan Indosiar menghilang di beberapa daerah. Tentu bagi kalian yang menyukai tayangan dari SCTV dan Indosiar akan kebingungan karena hilangnya siaran SCTV dan Indosiar tersebut.

Jika di perhatikan dengan seksama setiap bagian akhir pada acara berita SCTV dan Indosiar mengumumkan bahwa siaran mereka akan melakukan switch off. Dan karena hal inilah yang membuat siaran SCTV dan Indosiar menghilang di beberapa daerah jangkauan.

Untuk wilayah yang terkena dampak analog switch off bisa mengikuti beberapa saran berikut:

  1. Jika kalian masih menggunakan tv tabung atau tv yang masih menggunakan sistem analog seperti tv led keluaran lama lainnya, kalian harus membeli dekoder DVBT2 atau receiver untuk tv digital.
  2. Jika kalian menggunakan tv led atau lcd keluaran terbaru yang sudah mendukung sinyal tv digital, maka kalian hanya perlu untuk melakukan scan ulang pada tv pada frekuensi digital bukan di analog UHF lagi.

Cara Agar Parabola Tetap Bisa Memunculkan Siaran SCTV dan Indosiar

Jika kalian menggunakan parabola, ada beberapa solusi yang dapat kalian lakukan jika saluran SCTV dan Indosiar hilang. Caranya sebagai berikut:

  • Menggunakan Parameter Transponder dengan Format MPEG-4
TRENDING :  Daftar Siaran TV Digital (DVB-T2) di Indonesia Terbaru 2022

Siaran SCTV dan Indosiar hanya bisa kita akses dengan satelit Telkom 4 yang menggunakan parameter transponder seperti berikut ini:

  • Emtek MPEG-4
    1. Frekuensi: 4121 MHz
    2. Symbol Rate: 12250 MSymb/s
    3. Polarisasi: Horizontal

Perlu kalian ketahui bahwa transmisi pada frekuensi ini bisa kita acak kapan saja.

  • Menggunakan Receiver Rekomendasi

Jika kalian masih saja menggunakan receiver keluaran lama, maka kalian harus menggantinya dengan produk receiver baru yang sudah banyak dikeluarkan oleh beberapa provider layanan televisi kabel dan satelit.

  • Berlangganan Local Cable Operator (LCO)

Dan cara alternatif agar saluran SCTV dan Indosiar tetap ada pada televisi kalian yaitu dengan berlangganan jasa Local Cable Operator. Akan tetapi, kalian harus memastikan terlebih dahulu bahwa LCO tersebut mempunyai legalitas untuk keseluruhan saluran yang didapatkan.

  • Menggunakan Antena UHF

Jika pada daerah kalian sudah ada pemancar SCTV dan Indosiar, mungkin sebaiknya kalian harus menggunakan antena UHF biasa supaya saluran SCTV dan Indosiar muncul di televisi kalian.

Demikian artikel tentang solusi SCTV dan Indosiar yang menghilang di beberapa daerah yang masih menggunakan antena biasa.