Cara mengatasi Penipuan Pinjaman Online di Instagram

Cara mengatasi Penipuan Pinjaman Online di Instagram – Semenjak semakin menjamurnya pinjaman online (KTA online) membuat para pelaku kriminal semakin menggila khususnya di Instagram, komplotan penipu pinjaman online ini bahkan sanggup beriklan mengeluarkan modal. Bahkan ada yang mengatasnamakan “Pinjaman Syariah” untuk menipu orang banyak.

Untuk korban penipuan pinjaman online di Instagram ini sudah sangat banyak merugikan dan meresahkan. Pada beberapa kasus mereka mengiming imingi dengan promosi “Pinjaman Cepat cair” segala macam. Tak hanya di Instagram saja, semua lini masa sosial media juga tak luput dari gempuran penipuan online ini, ada yang menyebar pesan ke WhatsApp, Facebook, hingga bahkan ke sms.

Berikut Cara mengatasi Penipuan Pinjaman Online di Instagram

Lalu bagaimanakah cara untuk mengatasi penipuan pinjaman online tersebut? Tentunya kita harus mengetahui seluk beluk nya. Kita juga harus tahu ciri-ciri penipuan pinjaman online itu. Berikut ini adalah ulasan singkat cara untuk mengatasi dan mengenali penipuan pinjaman online.

1. Meminta Uang Muka alasan Administrasi

Jika diperhatikan setiap penipuan pinjaman online, para pelaku pasti akan meminta Uang muka sebagai biaya administrasi, dengan nominal tertentu mulai dari ratusan ribu bahkan sampai jutaan. Jika ada permintaan uang muka, maka Sudah Pasti Penipuan.

2. Memakai Alamat Kantor Palsu

Biasanya oknum penipu pinjaman online sering sekali menggunakan alamat kantor perusahaan orang lain, biasanya mereka mendaftarkan sendiri alamat kantor disekitar lokasi perusahaan yang sah. Jika kita jeli, maka akan sangat mudah untuk kita ketahui alamat kantor perusahaan yang asli dengan alamat kantor yang palsu.

3. Tidak Memiliki Nomor Kantor

 Selain menggunakan nomor WhatsApp, pinjaman online yang resmi pastinya mempunyai nomor kantor sendiri, dan jika kita lihat di Google Maps maka akan tertera jelas nomor kantor nya. Jika penipu online sudah pasti tidak mempunyai nomor kantor, dan hanya mengandalkan nomor WhatsApp saja, itupun sering bergonta-ganti.

4. Penipu Online Paling Banyak di Instagram

Untuk penipuan pinjaman online ini paling banyak terjadi di Instagram, mereka rela mengeluarkan banyak uang untuk promosi penipuan, dan sudah banyak korban yang dirugikan. Jika kita sudah paham akan beberapa poin yang ada di atas, maka kita bisa lebih berhati-hati terhadap tawaran pinjaman online. Jangan sungkan untuk memblokir nomor mereka.

Cara Untuk Mengatasi Penipuan Pinjaman Online di Instagram

Setiap kali kita menemukan iklan penipuan pinjaman online dengan iming-iming cepat cair, tetapi kita harus mentransfer uang muka, maka segeralah blokir, baik itu dari klan di Instagram ataupun iklan via WhatsApp.

Lalu bagaimanakah cara untuk mengatasi penipuan tersebut? Jika kita sudah terlanjur ditipu, maka langkah utama yang harus kita lakukan adalah melaporkan ke pihak yang berwajib supaya bisa ditindak lanjuti. Tapi yang paling penting mengenai laporan adalah ke Bank terkait, Usahakan kalian melaporkan sesegera mungkin ke Bank kalian dengan melampirkan keterangan atau bukti yang ada.

 

 

Leave a Comment