Polisi Malaysia Hancurkan Mesin Penambang Bitcoin Senilai Rp18 Miliar

TEKNOWARTA.COM – Polisi Malaysia menyita dan menghancurkan 1.069 mesin penambangan Bitcoin dengan mesin penggilingan. Sejumlah mesin dan komputer senilai Rp 18,1 miliar dimusnahkan karena terlibat pencurian listrik.

Operasi gabungan polisi kota Miri dan perusahaan listrik Sarawak Energy pada Februari-April, dilansir The New York Post, petugas berhasil menangkap pencuri listrik yang merugikan negara Rp28,9 miliar

1. Pelaku dihukum penjara dan denda

Sebuah video mesin gerinda, yang diunggah minggu lalu oleh outlet berita lokal Dayak Daily, beredar di media sosial. Keenam tersangka akan ditahan selama delapan bulan dan masing-masing akan didenda sekitar Rp 28,9 juta.

Pencurian listrik untuk menggerakkan operasi penambangan Bitcoin telah menjadi masalah yang terus-menerus di seluruh dunia, terutama karena harga Bitcoin meroket hingga lebih dari $60.000 per koin awal tahun ini.

2. Penambangan ilegal Bitcoin adalah masalah di banyak negara

Apa yang disebut penambangan Bitcoin melibatkan penggunaan komputer untuk memecahkan algoritme matematika yang kompleks agar diberi hadiah dengan unit cryptocurrency populer yang baru dicetak.

Pada bulan Mei, polisi Inggris menemukan sebuah bank dengan sekitar 100 rig penambangan Bitcoin di sebuah situs yang menurut polisi adalah perkebunan ganja. Situs ini mencuri listrik senilai ribuan dolar untuk menjalankan operasinya.

Pencurian listrik telah menjadi masalah yang semakin mendesak bagi pihak berwenang untuk memberi daya pada operasi penambangan Bitcoin di Malaysia.

“Pencurian listrik untuk kegiatan penambangan bitcoin menyebabkan pemadaman listrik yang sering terjadi, dan tiga rumah hancur pada tahun 2021 karena koneksi catu daya ilegal,” kata Miri, kepala polisi.

3. Cryptocurrency dikritik karena memperburuk perubahan iklim

Kritik terhadap cryptocurrency, dan Bitcoin khususnya, telah menargetkan proses penambangan berenergi tinggi karena memperburuk perubahan iklim.

Beberapa negara, termasuk China, telah menghentikan operasi penambangan di negara itu, dengan alasan dampak lingkungan serta potensi cryptocurrency untuk mengganggu sistem keuangan yang sudah mapan.

Namun, karena spekulan mencari uang dari cryptocurrency, permintaan akan komputer yang dapat melakukan proses tersebut meningkat. Menurut Bitmain yang berbasis di China, mesin sekarang dijual seharga ribuan dolar dan membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk dikirim.

Leave a Comment